Selasa 13 Jul 2021 15:03 WIB

7 Langkah untuk Menghindari Covid-19 Saat Kasus Terus Naik

Pencegahan tetap dilakukan sebagai upaya terhindar dari covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Covid-19 (ilustrasi)
Foto:

Sebelumnya, pemerintah juga menyampaikan bahwa dalam mengatasi pandemi COVID-19, ada sejumlah kombinasi tindakan yang diperlukan. Salah satunya adalah dengan metode Swiss Cheese Model yang merupakan pemodelan dengan mengandaikan lapisan keju Swiss untuk menggambarkan bagaimana intervensi satu dan lainnya bekerja bersama untuk mencegah penyebaran virus lebih luas.

Termasuk dalam langkah-langkah tersebut adalah protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan rutin, penggunaan masker, dan jaga jarak, hingga vaksinasi. Setiap langkah ini digambarkan sebagai penghalang tidak sempurna dari transmisi virus corona dengan lubang yang ada di setiap lapisan keju.

Saat langkah atau intervensi dikombinasikan seperti tumpukan lapisan keju, beberapa lubang di dalamnya dapat ditutup. Kondisi ini menunjukkan kemungkinan bahwa penularan virus menurun atau bahkan terhenti. 

Meski sejumlah virus mungkin tetap dapat lewat melalui lubang keju tersebut, tetapi kemungkinannya lebih rendah jika setiap lapisan tersusun dengan baik. Wiku mengatakan bahwa kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan vaksinasi harus berjalan beriringan dalam menghadapi pandemi COVID-19, yang merupakan penerapan analogi dari Swiss Cheese Model. 

Wiku mengatakan lapisan keju tersebut adalah setiap jenis langkah penanganan COVID-19 dengan celahnya masing-masing. Namun, intervensi dapat berdampak signifikan dalam mencegah penularan infeksi jika dilakukan bersamaan. 

“Hal ini akan berlaku sebaliknya jika masyarakat hanya mengandalkan satu intervensi tunggal, di mana kekurangan yang ada tidak akan tersokong dan justru memperburuk keadaan,” jelas Wiku pada Februari lalu. 

 

Lebih lanjut, Wiku mengatakan keberhasilan penangangan COVID-19 bukan hanya diukur dari tingkat efektivitas suatu intevensi, tapi juga sangat bergantung dengan lapisan proteksi majemuk. Karena itu, upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tentunya tidak menjadi satu-satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement