REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Sebanyak 21 perjalanan kereta api (KA) jarak menengah dan jauh, yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon, dibatalkan selama pelaksanaan PPKM Darurat pada 3 – 20 Juli 2021. Bagi calon penumpang yang telah membeli tiket namun perjalanan KA-nya dibatalkan, maka bea tiket akan dikembalikan 100 persen.
Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengungkapkan, pembatalan operasional sejumlah KA jarak menengah dan jauh itu bertujuan untuk mengoptimalkan pembatasan kegiatan masyarakat melalui pengurangan perjalanan KA di berbagai wilayah.
‘’KAI Daop 3 Cirebon selalu mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19,’’ ujar Suprapto, Ahad (4/7).
Adapun 21 perjalanan KA yang dibatalkan itu adalah:
- KA Argo Sindoro rute Gambir - Semarang Tawang pp,
- KA Argo Muria rute Gambir - Semarang Tawang pp,
- KA Argo Cheribon rute Gambir – Cirebon, Gambir – Tegal pp,
- KA Argo Lawu rute Gambir - Solo Balapan pp,
- KA Tambahan Solo Balapan - Gambir rute Gambir - Solo Balapan pp,
- KA Brawijaya rute Gambir - Malang pp,
- KA Purwojaya rute Gambir – Cilacap pp
- KA Taksaka Tambahan rute Gambir – Yogyakarta pp.
- KA Singasari rute Pasarsenen – Blitar pp,
- KA Ranggajati rute Cirebon – Jember pp,
- KA Bangunkarta rute Pasarsenen – Jombang pp,
- KA Gumarang rute Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp,
- KA Bogowonto rute Pasarsenen – Lempuyangan dan
- KA Gajahwong rute Lempuyangan – Pasarsenen.
- KA Senja Utama Yogyakarta rute Pasarsenen – Yogyakarta pp,
- KA Fajar Utama Yogyakarta rute Yogyakarta – Pasarsenen,
- KA Sawunggalih rute Pasarsenen – Kutoarjo,
- KA Kaligung rute Cirebon Prujakan - Semarang Poncol pp, Brebes - Semarang Poncol pp,
- KA Baturraden Ekspres rute Bandung – Purwokerto pp,
- KA Kertajaya rute Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp dan
- KA Matarmaja rute Pasarsenen – Malang.
Suprapto mengatakan, bagi calon pelanggan yang telah membeli tiket namun perjalanan KA-nya dibatalkan, maka bea tiket akan dikembalikan 100 persen. Menurutnya, proses pembatalan dapat dilakukan sampai dengan H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket di seluruh stasiun yang melayani penjualan tiket, atau Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121.
‘’Masyarakat yang telah membeli tiket tersebut juga akan dihubungi oleh Contact Center 121 terkait proses pembatalan tiketnya,’’ tandas Suprapto.