Kamis 01 Jul 2021 05:15 WIB
Lesson Learning dari Covid-19 (2)

Ketika Khalifah Over-Masculine

Kombinasi ini beri kemampuan manusia untuk memikul kapasitas sebagai khalifah di Bumi

Manusia mempunyai modal sebagai khalifah di muka Bumi
Foto:

Oleh : Prof Nasaruddin Umar

Manusia tidak boleh menyimpang dari ketentuan yang digariskan Allah Swt kepadanya, yang pada akhirnya akan merugikan sendiri kehidupan umat manusia, sebagaimana diisyaratkan dalam ayat: “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (Q.S. al-Rum/30:41).

Konsep taskhir dalam Islam mempunyai prasyarat. Ketika manusia melupakan dirinya sebagai hamba dan khalifah yang harus memakmurkan bumi, lalu mereka melakukan eksplorasi alam yang melampaui ambang daya dukungnya, dan sesama mereka saling menghujat dan menyebabkan pertumpahan darah, sebagaimana dikhawatirkan malaikan (Q.S. al-Baqarah/2:30). 

Ketika manusia tidak lagi mengindahkan ketentuan Allah Swt, misalnya para penguasa tidak lagi memihak kepada keadilan dan kemaslahatan umat, mengabaikan akal sehat dan hati nurani, para pebisnis tidak lagi mengindahkan etika bisnis, para ulama dan ilmuan sudah kehilangan pertimbangan objektivitasnya, para buruh dan karyawan sudah kehilangan rasa ketulusannya, maka ketika itu bencana demi bencana senantiasa mengintai dalam masyarakat. 

Tegasnya, ketika manusia sebagai khalifah terjebak di dalam kualitas over masculine maka ketika itu akan muncul musibah sebagai peringatan dan lesson learning bagi manusia.

BACA JUGA: Covid 19: Azab atau Musibah?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement