Selasa 29 Jun 2021 01:48 WIB

Varian Delta Diduga Sudah Masuk ke Ambon

Dugaan tersebut muncul dari kasus Covid-19 pada anak yang berujung kematian.

Warga mendapat suntikan vaksin saat vaksinasi COVID-19 massal di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Sabtu (26/6/2021). Program
Foto: ANTARA FOTO
Warga mendapat suntikan vaksin saat vaksinasi COVID-19 massal di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Sabtu (26/6/2021). Program

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Wakil Wali (Wawali) Kota Ambon Syarif Hadler menduga, virus corona varian Delta (B.1617.2) telah masuk ke Kota Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku. Dia meminta warga Ambon untuk waspada.

"Kami meminta warga kota untuk mewaspadai penyebaran virus varian baru ini. Pastinya, masih membutuhkan pembuktian tetapi diduga kuat variandelta sudah masuk di Ambon," katanya, Senin (28/6).

Baca Juga

Syarif mengatakan, dugaan itu muncul dari seorang pasien anak di Ambon terkonformasi Covid-19 yang meninggal dunia akhir pekan lalu. Pihaknya belum bisa mengumumkan secara resmi adanya varian baru tersebut karena masih menunggu data dan pemeriksaan yang jelas.

Virus varian delta ini lanjutnya, menyerang lebih banyak ke anak-anak sehingga pihaknya mengimbau seluruh masyarakat Ambon untuk patuh pada protokol kesehatan. Diakuinya, secara kasat mata sulit mendeteksi, masuknya varian baru tersebut tidak ada cara lain mencegahnya selain menerapkan protokol kesehatan.

Varian Delta meski tidak mematikan, dinilai harus diwaspadai mengingat daya penyalurannya yang tinggi. "Varian ini juga dianggap lebih menular dan bisa menyebar lebih cepat," katanya.

Ia mengemukakan, masih banyak orang saat ini yang belum mau divaksinasi Covid-19. Padahal, vaksinasi salah satu cara untuk mendapatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari virus corona.

"Mari kita menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan, walaupun sudah divaksinasi, tetapi protokol kesehatan harus tetap diterapkan," kata Syarif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement