Jumat 25 Jun 2021 22:23 WIB

85 Persen Tempat Tidur di RS Persahabatan untuk Pasien Covid

RSUP Persahabatan alokasikan 85 persen tempat tidur untuk pasien Covid

Rep: Febryan. A/ Red: Bayu Hermawan
Pasien melintas di depan ruang IGD RSUP Persahabatan
Foto:

Yudhaputra memastikan, jumlah oksigen yang tersedia di RSUP Persahabatan cukup untuk melayani pasien Covid-19. Sedangkan jumlah obat-obatan yang tersedia saat ini cukup untuk tiga bulan ke depan.  

Hanya saja, pihaknya membutuhkan tambahan tenaga kesehatan (nakes). Saat ini 400 nakes dan 75 relawan masih cukup untuk melayani semua pasien Covid-19. Tapi, ketika konversi ruangan sudah 85 persen, tentu dibutuhkan lebih banyak nakes. Apalagi, penanganan pasien Covid-19 pada dasarnya memang lebih butuh banyak nakes dibandingkan pasien non-Covid-19. 

"Kita butuh tambahan nakes sebanyak 250 orang," kata Yudhaputra. 

Dirjen Kemenkes Abdul mengatakan, dirinya akan meminta Badan Pengembangan dan Pengembangan SDM Kemenkes untuk menyediakan nakes yang dibutuhkan RSUP Persahabatan. "Kita (RSUP Persahabatan) juga lakukan rekrutmen sendiri karena SDM ini adalah tulang punggung yang memang sangat kita butuhkan," ucapnya usai. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id Jumat (25/6) siang, tampak suasana RSUP Persahabatan masih ramai pasien lalu lalang. Tapi, belum ada tenda yang berdiri di depan ruang IGD. Hanya tanpak sejumlah orang duduk menanti pada kursi besi, tak jauh dari ruangan IGD. 

Di samping kursi besi itu, ada sejumlah mobil ambulans terparkir. Sebelumnya, ambulans datang silih berganti memasuki area rumah sakit tersebut.  RSUP Persahabatan bersama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati dan RS Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso diubah menjadi rumah sakit khusus penanganan Covid-19 oleh Kemenkes. 

Langkah ini diambil karena terjadinya peningkatan kasus Covid-19 aktif yang turut membuat bed occupancy rate (BOR) meningkat. Khusus untuk DKI Jakarta, BOR-nya sudah 90 persen.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement