Kamis 17 Jun 2021 20:49 WIB

BPIP Susun Juknis Pembekalan PIP untuk Paskibra

Petunjuk teknis ini untuk memberikan sumbangsih pemikiran membumikan Pancasila

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyusun kurikulum program paskibra dan petunjuk teknis penyelenggaraan pembekalan instruktur Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) dalam Program Pemusatan Paskibra.
Foto: BPIP
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyusun kurikulum program paskibra dan petunjuk teknis penyelenggaraan pembekalan instruktur Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) dalam Program Pemusatan Paskibra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyusun kurikulum program paskibra dan petunjuk teknis penyelenggaraan pembekalan instruktur Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) dalam Program Pemusatan Paskibra. Rancangan yang masih dibuat melalui Deputi Pendidikan dan Pelatihan BPIP ini nantinya akan dibahas lanjutan bersama kedeputian Hukum BPIP untuk menindaklanjutinya.

Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dr Baby Siti Salamah MPsi Psikolog mengatakan penyusunan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pembekalan Instruktur PIP Dalam Program Pemusatan Paskibraka DAN Penyusunan Kurikulum Pemusatan Program Paskibraka pada hari ini untuk memberikan sumbangsih pemikiran untuk membangun gotong royong dalam pembumian nilai-nilai Pancasila pada saat ini dan masa mendatang.

"Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang “Peraturan Pelaksana Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda,” jelasnya saat membuka diskusi terpumpun di Jakarta.

Baby mengaku kegiatan rapat koordinasi ini merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan dukungan untuk penyusunan Petunjuk Teknis yang mengatur secara operasional tentang Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Pembentukan Paskibraka dan Purna Paskibraka agar dalam pelaksanaan lebih efektif dan efisien sesuai standar yang telah ditetapkan.

"Kami berharap dengan melibatkan dari LAN dan KL lainnya bisa memberikan saran serta masukan yang terbaik untuk kebaikan Paskibra dan Purna Paskibraka Indonesia," tutupnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Prof Dr Encep Syarief Nurdin Drs MPd MSi (Ketua Program Doktor dan Magister Prodi Pendidikan Umum dan Karakter Sekolah Pascasarjana UPI), Dr Yuyun Nuriah MPd (Universitas Indraprasta), Nina Ratna Suminar MSi (PPPPTK Penjas dan BK), dan Dr Mustadin SPsi MSi (Kabag Hubungan Masyarakat Kemenpora). 

Lalu Ir Brisma Renaldi MM (widyaiswara LAN), Drs Akhmad Nursalman MSi (widyaiswara LAN), Dr Wilodati MSi (Lektor Kepala Prodi Pendidikan Sosiologi FPIPS UPI), Ani Suprihartini SE MM (widyaiswara LAN), Syam Wahidin SSos MAP (widyaiswara LAN), Purwanta SPd MPd (Pusdiklat Pegawai Kemendikbud Ristek), Dr Widyasari MPd (Universitas Djuanda Bogor), dan Totok Junarwoto (Kemenpora).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement