Kamis 10 Jun 2021 06:07 WIB

Satgas Prediksi Lonjakan Kasus Masih akan Terjadi

Ada 25 kabupaten kota yang berkontribusi besar pada kenaikan kasus secara nasional.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
Foto:

Wiku mengingatkan kepala daerah untuk melakukan pengendalian sehingga tidak memperparah kenaikan kasus secara nasional. “Untuk itu, mohon kepada seluruh bupati dan wali kota dari seluruh kabupaten kota ini untuk segera memperbaiki penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing,” jelas dia.

Daerah, kata Wiku, dapat melakukan fokus penanganan dengan menurunkan kasus sesegera mungkin dan menekan agar tidak terjadi penularan. “Apabila di kabupaten kota ini menurun, maka kasus nasional akan menurun pula secara signifikan,” tambah Wiku.

Sementara itu, ia mengatakan, pemerintah telah dilakukan pemerintah baik melalui upaya preventif hingga kuratif untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Upaya ini dilakukan melalui peran dari posko penanganan Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan.

“Peran posko ini sangatlah penting dalam melakukan pencegahan yang lebih efektif dan efisien dan tepat sasaran di tataran mikro sehingga nantinya tekanan terhadap fasilitas dan tenaga kesehatan dapat dihindari,” jelas Wiku.

Selain itu, Wiku juga meminta Satgas di daerah agar melakukan evaluasi skenario pengendalian di tingkat RT, termasuk mikro lockdown di RT berzona merah sehingga kasus dapat dikendalikan lebih efektif. Selain itu, untuk memaksimalkan upaya pencegahan penularan di tingkat makro, penerapan PPKM kabupaten kota di seluruh provinsi juga perlu dievaluasi khususnya dalam menutup sektor-sektor yang melanggar instruksi Mendagri No 12/2021.

“Namun, pada prinsipnya, secara nasional kondisi Indonesia masih tergolong terkendali. Begitu pun dengan sektor perekonomian yang secara bertahap sudah mulai pulih,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement