Rabu 09 Jun 2021 15:56 WIB

Angkatan Udara RI-AS akan Latihan Tempur Bersama

Latma Cope West 2021 ajang latihan pertempuran udara menggunakan pesawat tempur F-16.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Indan Gilang Buldansyah.
Foto: Dispenau
Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Indan Gilang Buldansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI Angkatan Udara (AU) dan AU Amerika Serikat atau USAF akan melaksanakan latihan bersama (latma) di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Dalam latma bersandi “Cope West 2021” itu turut dilibatkan sejumlah pesawat tempur F-16 dari kedua AU.

“Hari ini sejumlah personel dan peralatan USAF sudah mulai berdatangan di Lanud Roesmin Nurjadin," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, dalam keterangan persnya, Rabu (9/6).

Indan mengungkapkan, selain personel dan peralatan USAF yang sudah mulai berdatangan, pesawat temput F-16 juga akan segera tiba dalam beberapa hari ke depan. Menurut dia, latma tersebut akan dibuka secara resmi pada Senin pekan depan, yakni 14 Juni 2021.

Latma Cope West 2021, kata Kadispenau, merupakan ajang latihan pertempuran udara menggunakan pesawat tempur F-16. Latma dilaksanakan sekaligus juga untuk menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan saling berbagi pengalaman antarpersonel penerbang dan teknisi pesawat tempur F-16 kedua AU.

Kemudian, kata dia, selain bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalitas personel kedua AU, latma Cope West 2021 juga menjadi ajang meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara, khususnya TNI AU dan USAF. Rencananya, latma Cope West 2021 akan berlangsung selama dua pekan.

"Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, termasuk para personel dari USAF melaksanakan isolasi sebelum melaksanakan latihan," ungkap dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement