Jumat 04 Jun 2021 01:46 WIB

Megawati: BRIN Berpeluang Riset Luar Angkasa dengan Rusia

Presiden Putin sedang menunggu waktu yang tepat untuk datang ke Indonesia.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Gita Amanda
Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ex officio Megawati Soekarnoputri menyampaikan peluang kerja sama riset dan teknologi antara Indonesia dengan Rusia, khususnya di bidang luar angkasa. (ilustrasi)
Foto:

Dubes Lyudmila mengatakan dirinya akan menyampaikan semua hal tersebut secara langsung kepada Presiden Putin. Dia sepakat akan pentingnya kerja sama bilateral termasuk dalam pembangunan hubungan bidang angkasa, riset, teknologi dan teknologi tinggi.

Dia mengatakan pemerintah Rusia siap bermitra dengan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk bidang alutsista militer. Dubes Rusia itu juga mengaku bahwa Presiden Putin sedang menunggu waktu yang tepat untuk datang ke Indonesia.

"Rusia menganggap Indonesia sebagai mitra dan sahabat yang lama, dan ada hubungan erat antara negara kita yang dasarnya dibangun sejak Presiden Soekarno," tegas Lyudmila.

Pertemuan itu ikut dihadiri Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto; Ketua DPR RI Puan Maharani; Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah serta Menkumham Yasonna Laoly. Hasto mengatakan, pemberian gelar Order of Friendship dari Rusia untuk Megawati adalah bagian dari peringatan 70 tahun hubungan Indonesia-Rusia.

Pihaknya mempercayai bahwa hal ini akan semakin mempererat hubungan di antara kedua negara. "Hubungan dan sejarah panjang antara kedua negara dapat ditingkatkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement