Rabu 02 Jun 2021 08:13 WIB

Nilai Pancasila Terkikis karena Ulah Pejabat Negara

Pejabat baru membumikan Pancasila pada tataran ceramah dan pidato.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Karta Raharja Ucu
Terkikisnya nilai Pancasila dinilai karena perilaku para petinggi dan pejabat negara. Foto: warga melintas di depan mural bergambar Garuda Pancasila dan NKRI Harga Mati.
Foto:

Pendapat serupa disampaikan anggota DPR RI sekaligus Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera. Ia sepakat anak muda merupakan cerminan pemimpin bangsa. Mardani menilai ketika elite dan pimpinan bangsa tidak memberi contoh, anak muda akan mengikuti.

"Pelemahan KPK dan korupsi bansos hingga pengangkatan komisaris tidak berbasis track record hanya contoh kecil. Mau teriak seperti apa pun, jika contoh di lapangan berbeda, tidak akan membuat anak muda tertarik," ujar Mardani.

Mardani juga menilai pidato dan slogan soal Pancasila sudah sering, tapi contoh teladan makin jauh dari nilai Pancasila. Ia mencontohkan pengangkatan direksi dan komisaris BUMN jadi contoh sederhana penerapan Pancasila.

"Mestinya dengan mengedepankan etika dan kompetensi bukan para pendukung yang berbondong-bondong dimasukkan. Tapi, cari mereka yang kompeten dan berintegritas," kata Mardani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement