Sabtu 29 May 2021 20:55 WIB

Pengamat: Gerindra dan PDIP Pasangan Potensial

Kedua partai tersebut memiliki platform ideologi yang sama.

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto
Executive Director of Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.
Foto: Dok. Pribadi
Executive Director of Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pardai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra secara terang-terangan mengungkapkan keinginannya untuk berkoalisi pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 2024 nanti. Kendati demikian, keduanya masih belum mengusungkan nama calon presiden (capres) dari masing-masing partai. 

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai, koalisi kedua partai tersebut cukup potensial. Mengingat, kedua partai tersebut memiliki ideologi yang sama.

"Kaolisi berbasiskan platform ideologis partai yang sama, chemestry partai juga sama saya perhatikan," kata Pangi, Sabtu (29/5).

Jika Gerindra kembali mengusung Prabowo dan PDIP mengusung Puan Maharani, menurut Pangi, keduanya memiliki kans yang sama. "Intinya nanti bisa dilihat trend nanti racikan elektoralnya apakah positif atau bagaimana," kata dia.

Bisa saja, tambahnya, PDIP akan berputar balik pada detik-detik terakhir dengan mengusung Ganjar dan Gerindra mengusung Sandiaga Uno atau Erick Tohir.

"Sekarang kan belum putus dan belum ada sikap resmi partai, karena masih jauh juga bandungnya apakah akan parkir Ganjar atau pada akhirnya PDIP ditaklukkan realitas politik, Puan mundur karena elektabilitasnya yang masih rendah, sama halnya dulu ketika Megawati mundur karena realitas politik Jokowi yang elektabilitasnya tak terbendung dan punya kans lebih besar untuk menang," kata Pangi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement