Kamis 27 May 2021 15:09 WIB

JabarTel Dipersiapkan Punya Layanan Berbasis Digital

Langkah ini, guna memberikan kemudahan bagi pelanggan dan konsumen.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
BUMD milik Pemprov Jabar PT Jasa Sarana menargetkan layanan bisnis sejumlah anak usaha ditopang oleh aplikasi digital.
Foto: Istimewa
BUMD milik Pemprov Jabar PT Jasa Sarana menargetkan layanan bisnis sejumlah anak usaha ditopang oleh aplikasi digital.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- BUMD milik Pemprov Jabar PT Jasa Sarana menargetkan layanan bisnis sejumlah anak usaha ditopang oleh aplikasi digital. Langkah ini, guna memberikan kemudahan bagi pelanggan dan konsumen.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq, pihaknya melalui anak usaha PT Jabar Telematika (JabarTel) tengah mempersiapkan perbaikan layanan berbasis digital. Setelah sukses meluncurkan aplikasi Etapasbar untuk membantu para pedagang Pasar Baru Kota Bandung melakukan transaksi digital, rencana lain sudah disusun. 

“Kami tengah merancang lagi aplikasi terutama untuk menopang bisnis PT Jabar Energi yang memiliki 10 ribu jaringan gas di Kota Depok, kita akan buatkan aplikasinya,” ujar Hanif dalam keterangan resmi, Kamis (27/5).

Hanif mengatakan, pelanggan jaringan gas Jabar Energi ke depan bisa mendapatkan langsung informasi layanan juga mudah dalam melakukan pengaduan lewat aplikasi terpadu. Hanif menilai, kemudahan ini bisa turut menggenjot target jaringan gas di Jawa Barat mencapai 1 juta jaringan di masa mendatang. 

 

“Pelanggan dan anak usaha akan saling berinteraksi lewat aplikasi digital, layanan ini juga ke depan dimungkinkan terhubung dengan jaringan dan anak usaha Jasa Sarana yang lain, ini akan kami lakukan secara bertahap,” katanya.

Hanif optimistis, dengan SDM yang mumpuni dan rencana bisnis yang terus dibenahi rencana digitalisasi layanan ini bisa diwujudkan. Menurutnya, sejak awal dirinya menaruh harapan pada sejumlah tenaga muda yang berada di anak usaha. Hanif menunjuk Jabar Telematika yang saat ini dipimpin oleh anak-anak muda. 

Hanif mengatakan, aplikasi yang sudah dapat diunduh di Google Play tersebut sangat berguna untuk pedagang Pasar Baru Bandung dan pelaku UMKM meningkatkan penjualan, sekaligus berdaya saing dalam era pasar digital.

CEO Jabar Telematika Faizal Rachman mengatakan, anak usaha yang dipimpinnya saat ini tengah mengubah haluan ke arah bisnis berbasis IT lewat pembentukan Jabar IT atau JAIT. Menurutnya, JabarTel tengah mempersiaoan sejumlah platform yang siap pakai untuk korporasi maupun UMKM. 

Sebelumnya, kolaborasi PT JabarTel bersama Etapasbar.id dan bank BJB melahirkan aplikasi marketplace Etalase Pasar Baru Bandung, yaitu Etapasbar.id. Etapasbar menjadi platform penjualan online yang menghubungkan transaksi konsumen dengan pedagang Pasar Baru Bandung. Marketplace ini menandai transformasi digital pasar yang menjadi icon Kota Bandung tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement