Sabtu 15 May 2021 17:32 WIB

Pemerintah Terapkan Random Test Saat Arus Balik

Random test diperuntukkan bagi perjalanan dari provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Kendaraan melintas di jalan tol trans Sumatera Bakauheni-Palembang, (ilustrasi). Guna mengantisipasi arus balik mobilitas masyarakat pascalibur lebaran, pemerintah melakukan upaya mencegah terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19. Kebijakan random test Covid-19 dan mandatory check Covid-19 pun diterapkan.
Foto:

Sedangkan random test Covid-19 di Jalan Nasional ada di beberapa lokasi. Sementara diterapkan di 4 lokasi, nantinya disesuaikan dengan update kondisi di lapangan berdasarkan laporan dari Ditlantas Polda: (a) Lokasi di Jembatan Timbang Balonggandu, Karawang - Jabar; (b) Lokasi di Pos Tegal Gubug di Susukan, Cirebon – Jabar; (c) lokasi antara Indramayu – Jatibarang dan antara Sukabumi – Cianjur arah ke Jakarta.

“Informasi dari Kemenhub sudah lebih 1,5 juta orang yang melakukan perjalanan keluar Jakarta. Maka itu perlu diantisipasi kembalinya pascalibur lebaran,” tutur Airlangga.

Dirinya menegaskan, semua gubernur di Sumatra dan Jawa, diminta mengambil tindakan guna mencegah potensi peningkatan kasus Covid-19. Di antaranta melalui pemeriksaan secara ketat dokumen RT-PCR atau swab test antigen atau Genose setiap pelaku perjalanan arus balik di pos penyekatan dan titik pengecekan.

Di Lampung, sambung dia, dibentuk Satgas Khusus Penanganan Arus Balik dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa. Tujuannya melakukan mandatory check terhadap dokumen RT-PCR atau swab test antigen atau Genose setiap pelaku perjalanan arus balik di Pelabuhan Bakauheni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement