Senin 10 May 2021 19:37 WIB

Ini Tanggapan Ridwan Kamil Soal Pemudik Lolos Penyekatan

Ketika mereka lolos di satu titik maka ada pos pengamanan lainnya yang bisa mengadang

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbincang dengan pengendara kendaraan dengan plat nomor luar Bandung saat melakukan pemantauan posko penyekatan larangan mudik di gerbang Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (10/5). Pada hari kelima penerapan larangan mudik Lebaran 2021, petugas gabungan di posko penyekatan larangan mudik Padalarang telah memutarbalikan sedikitnya 30 kendaraan berplat luar kota karena tidak memiliki surat kesehatan serta ijin perjalanan. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto:

Menurut Ahmad, dengan titik penyekatan yang ada di hampir setiap daerah, maka pemudik akan diperiksa beberapa kali ketika berhasil lolos. Kejadian di Karawang yang viral memang sulit diurai karena dua jalur arteri yang digunakan tidak bisa dilewati kendaraan lainnya.

Kepolisian pun, membiarkan terlebih dulu kendaraan melintas sekitar 30 menit. Setelah itu penyekatan kembali dilakukan. "Jadi lolos di situ tapi kan nanti ada di Subang penyekatan lagi akan kita putarbalikkan," kata Ahmad.

Kepolisian juga telah berkoordinasi dengan pihak TNI untuk menambah aparat yang berjaga di titik penyekatan. Karena diprediksi akan ada lonjakan warga hendak mudik pada H-1 dan H-2 Lebaran 2021, maka beberapa titik di jalan arterti pantai utara (pantura) akan ditambah aparat yang bertugas di sana.

"Beberapa titik penyekatan seperti di Karawang, kemudian di Patok Besi di Subang, kemudian di Patrol terus sampai ke Cirebon kita akan ada penambahan pasukan. Dan 1x24 jam kita stand by, jadi tidak bisa mengelabui karena kita nonstop melakukan kegiatan itu," papar Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement