Sabtu 24 Apr 2021 13:24 WIB

Johnny: 4 Daerah Jadi Prioritas Lokasi Pusat Data Nasional

4 daerah prioritas Pusat Data Nasional adalah Bekasi, Batam, Labuan Bajo dan IKN

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menkominfo Johnny G Plate menyebutkan ada empat daerah yang masuk lokasi prioritas Pembangunan Pusat Data Nasional (PDN). Yakni di wilayah Jabodetabek yang berlokasi di Bekasi, calon Ibu Kota baru negara, Kota Batam dan Labuan Bajo.
Foto:

Johnny mengatakan, pilihan pertama lokasi pembangunan PDN di Ibu Kota Negara sekarang di Jabodetabek. Kesiapan Jakarta juga telah masuk tahap basic desain dan segera akan dilakukan desain detail.

Namun kata Johnny, dalam kaitan dengan tata kelola data tentu kita sebagai bangsa yang besar membutuhkan redundancy pusat data atau redundancy government cloud.

"Jadi tidak saja di Ibukota Jakarta, tetapi juga di Ibukota Negara baru di Kalimantan dan wilayah strategis seperti Batam, yang lainnya nanti di wilayah Indonesia Tengah dan Timur salah satunya di Labuan Bajo yang akan kami cek secara teknis dan secara geostrategis," ungkapnya.

Khusus di Batam, Johnny mengapresiasi kesiapan pemerintah daerah karena memiliki dua lokasi strategis yang nantinya akan dipilih salah satunya. Balerang dan Nongso Digital Park kata dia, kedua-duanya siap untuk menjadi lokasi pusat data atau government cloud.

 

Ia menilai untuk pemilihan salah satu diantaranya kedua lahan tersebut tidak harus dibuat sulit. Disamping tim pemerintah membuat analisa yang paling efisien dan produktif untuk masa saat ini dan masa depan yang tidak saja berkaitan dengan ekonomi, tetapi juga kedaulatan dan resiliensi daya tahan Indonesia di sektor digital."Nanti secara teknis pasti akan dibicarakan di antara tim," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement