Sabtu 24 Apr 2021 03:39 WIB

Peringati Hari Bumi, KLHK Luncurkan Buku Tata Kelola Sampah

Buku menjadi pembelajaran dalam tata kelola dan penyelesaian permasalahan sampah

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Pengolahan sampah. Ilustrasi
Foto:

Direktur Sanitasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Prasetyo menambahkan sampah merupakan isi dan permasalahan multi pihak. Menurut dia, berbagai pengalaman dan keahlian yang disampaikan para pihak dan telah tercantum dalam "Tata Kelola Persampahan di Indonesia" bisa menjadi pijakan untuk penyelesaian permasalahan sampah. Karenanya tutur Prasetyo, buku ini bisa bermanfaat bagi para pihak yang terkait untuk memberikan kontribusi nyata.

"Kami ingin buku ini dijadikan sebagai bahan dimanfaatkan oleh para pihak bergerak di bidang persampahan. Karena, sampah ini bukan barang buangan saja ini ada material sampah yang punya nilai ekonomi maupun bisa dimanfaatkan untuk energi listrik," kata Prasetyo.

Ketua Dewan Pembina Dana Mitra Lingkungan (DML) Agustanzil Sjahroezah menyatakan semua pihak termasuk masyarakat umum harus memahami bahwa sampah bukan permasalahan pemerintah saja tapi menjadi tanggung jawab seluruh anak bangsa.

Dia menuturkan, penyelesaian sampah dalam konteks tata kelola persampahan di Indonesia memang "susah-susah gampang". Musababnya masih ada pihak-pihak yang menganggap sampah adalah masalah sepele. Padahal jika tidak dikelola dengan baik, maka pasti akan menimbulkan dampak negatif bagi banyak aspek. Karenanya Agustanzil mengatakan, sebagai Mitra pemerintah maka DML mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap konsisten bergandengan tangan.

"Sampah kalau dikelola dengan sungguh-sungguh, ada peraturannya, anggaran yang dialokasikan untuk pengelolaannya, dan ditunjang dengan teknologi, maka bisa mendapat nilai tambah. Jadi kita sebagai bangsa yang cerdas bisa memanfaatkan sampah terkelola dengan baik," tegas Agustanzil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement