Rabu 21 Apr 2021 19:01 WIB

Hari Kartini, YPA-MDR Kobarkan Semangat Membangun Negeri

YPA-MDR sambut Hari Kartini dengan mengundang Anne Avantie dalam webinar

Berbagi kisah inspiratif, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim menyelenggarakan Webinar bertepatan dengan peringatan kelahiran Pahlawan Nasional Kartini yang dikenal sebagai Tokoh Perempuan teladan dan sumber inspirasi dengan perjuangan emansipasinya
Foto:

Perkembangan perbatikan oleh para siswa menjadi penting dan strategis dalam upaya pelestarian budaya ataupun kearifan lokal dalam hal menyiapkan generasi muda sebagai bagian regenerasi pembatik di daerah Gunungkidul dan Bantul khususnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya.

Dan dalam hal ini pula, YPA MDR sedang merintis dan menyiapkan program iconic yang kami sebut “Komunitas Pembatik Cilik” untuk menjadi cikal bakal terbentuknya “Kampung Pembatik Cilik”.

Untuk lebih memberikan nilai tambah karya batik para pembatik cilik tersebut, YPA MDR bersama Narasumber Smart Indana Parama pimpinan Prof. DR. Intiyas Utami, telah mengadakan program “Creative Marketing Challenge”, yaitu suatu kegiatan di kampus yang melibatkan 3 Universitas dengan total peserta 120 orang dimana para mahasiswa diberikan suatu kegiatan yang menantang untuk berkreasi danberinovasi menciptakan karya busana danfashion berbahan batik karya siswa binaan.

Product Brand yang menjadi pemenang program tersebut adalah sebagai berikut:

1. Peraih medali emas = KARSA

2. Peraih medali perak = POEJHA, AEGYOLLYU, NIRMANA BATIK

3. Peraih medali perunggu = BATIKIN YUK, BHINEKA BATIK, IDENTITIY BATIK

4. Peraih Juara Tim Terviral = BATIK BALI ANTIK

Melalui rangkaian kegiatan dan program yang dilakukan YPA-MDR diharapkan dapat  menambah wawasan baru yang sangat berharga bagi kemajuan dunia Pendidikan di Indonesia.

Sekedar informasi, Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 merupakan sebuah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi  social berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah prasejahtera atau 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas. 

Visi, misi dan goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia  (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera.

Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya. Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

 

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 1.509 guru, 23.819 siswa dan 106 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunung Kidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement