Selasa 20 Apr 2021 16:01 WIB

Kotak IVC Buatan Indonesia Diminati Negara Afrika dan Latin

Kotak penyimpan vaksin covid-19 buatan dalam negeri ternyata diminati beberapa negara

Kotak dingin penyimpan vaksin covid-19 buatan dalam negeri ternyata diminati oleh beberapa negara di Afrika dan Amerika Latin.
Foto:

Akhirnya, bersama tim riset di Technoplast, Eliies dan kawan-kawan berhasil membangun produk cooler box yang suhunya bisa dipantau dan memastikan suhu bisa bertahan hingga 57 jam. Namun secara resmi, Technoplast mengumumkannya 48 jam.

Ellies lalu menunjukkan langsung kotak IVC miliknya. Kotak tersebut memiliki 4 sistem penguncian sehingga benar-benar kuat. Lalu di bagian atas kotak, ada alat pengukur temperatur dan alarm yang bisa memberi tahu kondisi vaksin di dalamnya. Ada indikator perubahan warna dan bunyi jika terjadi perubahan suhu signifikan.

"Harus dibedakan apakah carrier itu vaccine carrier atau cooler box makanan dan minuman yang dipakai di pasar sekarang. Kalau termometernya tak ada, misalnya, maka bagaimana bisa memantau kondisi suhu vaksinnya?" urai Ellies.

Di dalam kotak, ada aluminium foil untuk menahan temperatur dan antibakteri. Lalu ada insulasi es yang diformulasikan secara spesial sehingga bisa lebih tahan lama mempertahankan suhu. Alarm bahkan akan berbunyi jika penguncian kotaknya tak tepat 100 persen. 

"Semuanya demi memastikan keamanan vaksinnya," imbuh Ellies.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement