Jumat 16 Apr 2021 17:03 WIB

Indonesia Pimpin Forum Dialog Internasional Bersama Inggris

Indonesia memimipin FACT bersama Inggris sebagai tuan rumah KTT Perubahan Iklim COP26

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pertemuan perdana tingkat menteri itu memberi kesempatan bagi Indonesia melakukan dialog terbuka antara berbagai negara produsen dan konsumen dalam masalah pembangunan keberlanjutan.
Foto:

First Ministerial Roundtable ini, juga dihadiri oleh Menteri Pasifik dan Lingkungan Inggris Raya Lord Zac Goldsmith of Richmond Park, COP 26 President Designate UK, dan The Right Honourable Alok Sharma MP. Lalu Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Alue Dohong, serta para Menteri, Duta Besar dan Pejabat Tinggi negara lainnya dari 26 negara.

Dalam sesi sama, Menteri Pasifik dan Lingkungan Inggris Lord Zac Goldsmith menyampaikan pentingnya membangun momentum dan meningkatkan kolaborasi dalam menyusun peta jalan dan merumuskan beragam aksi konkret. Hal itu dapat disepakati nantinya pada Sidang Perubahan Iklim COP26 di Glasgow.

Undangan dan tawaran Co-chairmanship Dialog FACT kepada Indonesia merefleksikan pengakuan Inggris terhadap komitmen kuat Indonesia dalam penanganan di bidang perlindungan lingkungan hidup, keanekaragaman hayati dan perubahan iklim. “Terdapat peluang bagi dunia untuk melakukan suatu pendekatan yang berkelanjutan antara pemanfaatan lahan dan produksi komoditas senilai 4,5 triliun dolar AS setiap tahun hingga 2030, seraya menjaga lingkungan,” ujar Lord Goldsmith.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement