Ahad 11 Apr 2021 21:55 WIB
...

Korban Gempa Malang Alami Trauma

Duka bencana kian terasa menyedihkan apalagi akan memasuki Ramadhan dan Idul Fitri.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Endro Yuwanto
Warga beristirahat usai mengamankan barang beharga miliknya dari reruntuhan rumahnya yang rusak akibat gempa di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Ahad (11/4/2021). Berdasarkan data BNPB, akibat gempa di Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4) yang berkekuatan M 6,1 tersebut menyebabkan 2.848 rumah rusak, tersebar di 16 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur.
Foto:

Kecamatan Ampelgading termasuk wilayah terdampak gempa paling parah di Kabupaten Malang. Hampir sebagian rumah dan fasilitas di kecamatan ini mengalami kerusakan.

"Kecamatan Ampelgading terdampak paling parah, namun tentunya ada kategori parah, sedang, dan ringan di masing-masing desa," kata Camat Ampelgading, Achmad Sovie.

Dari 13 desa di Kecamatan Ampelgading, Desa Wirotaman termasuk yang paling parah. Tercatat, 117 unit rumah rusak berat, 119 rusak sedang, dan 103 rusak ringan. Ada pula laporan satu orang meninggal dan empat orang luka dari desa tersebut.

Secara keseluruhan, jumlah korban meninggal di Kecamatan Ampelgading mencapai tiga orang. Selain di Desa Wirotaman, korban jiwa juga terjadi di Desa Sidorenggo dan Desa Tamanasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Saat ini sudah dilaksanakan kerja bakti di sejumlah desa di Kecamatan Ampelgading. Kegiatan ini ditunjukkan untuk membersihkan puing-puing bangunan rusak. Masyarakat setempat juga sudah menerima bantuan logistik dari Tagana.

Di sisi lain, Achmad tak menampik, saat ini kondisi masyarakat masih trauma dan ketakutan. Warga khawatir terdapat gempa susulan yang lebih besar. Oleh sebab itu, kecamatan menyediakan tenda tak jauh dari rumah warga.

Selanjutnya, pimpinan kecamatan juga sudah menyiapkan tempat pengungsian di balai desa. Namun untuk sementara, penyediaan ini dilakukan secara bertahap. "Kalau parah kami segera menyiapkan, paling parah di Wirotaman," jelas Achmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement