Selasa 06 Apr 2021 20:57 WIB

Gubernur Lemhanas Kunker ke Kodam Siliwangi

Kodam III Siliwangi sebagai ujung tombak TNI dalam melakukan pembinaan teritorial.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Lemhanas, Letjen TNI (Pur) Agus Wijoyo saat kunker ke Kodam III Siliwangi,
Foto: Pendam Siliwangi
Gubernur Lemhanas, Letjen TNI (Pur) Agus Wijoyo saat kunker ke Kodam III Siliwangi,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Letjen TNI (Pur) Agus Wijoyo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kodam III Siliwangi. Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, menerima kunjungan Gubernur Lemhanas RI yang didampingi Plt Deputi Pendidikan, Mayjen TNI Sugeng Susanto, Tenaga Ahli, Mayjen TNI Kasirun Situmorang, dan LO Marsma TNI Maman Suherman di Ruang RA Kosasih Makodam Jalan Aceh No 69, Bandung, Selasa (6/4).

Dihadapan Gubernur Lemhanas, Pangdam menyampaikan, berbagai persoalan dinamika kehidupan bangsa dan negara. Selain itu juga disampaikan isu-isu global, khususnya terkait dengan isu-isu penyelenggaraan pertahanan negara. Kodam III Siliwangi sebagai salah satu kompartemen strategis TNI Angkatan Darat dalam menjalankan tugas dan membina potensi kekuatan pertahanan negara, baik untuk kepentingan pertahanan maupun pembangunan nasional sungguh sangat signifikan.

"Perannya dalam menciptakan stabilitas pertahanan nasional sangat strategis," kata dia.

Namun demikian, lanjut Pangdam, realitas yang harus dihadapi dengan perubahan lingkungan strategis, yang bergerak begitu cepat dan terkadang sulit diprediksi  membuat tantangan tugas semakin kompleks, khususnya lagi dalam kondisi pandemi Covid-19. "Hal ini mengharuskan Kodam III Siliwangi bisa terlibat secara proaktif untuk mencegah dan mengatasi dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19," tutur dia.

Selain itu, Pangdam juga menyampaikan, bahwa Kodam III Siliwangi sebagai ujung tombak TNI dalam melakukan pembinaan teritorial. Tak hanya itu Kodam juga turut membantu pemerintah daerah dalam mengakselerasikan pembangunan nasional, serta menciptakan kedekatan emosional antara TNI dengan rakyat dengan konsep kemanunggalan TNI-rakyat yang utuh menyeluruh.

“Alhamdulillah untuk tugas-tugas dapat diimplementasikan dengan baik oleh jajaran Kodam III Siliwangi hingga tingkat Babinsa,” imbuh dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement