Ahad 04 Apr 2021 13:17 WIB

Strategi China Perluas Pengaruh Politik di Timur Tengah

China menempatkan dirinya sebagai pembela dan pembangun tatanan global saat ini

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Bendera China dikibarkan. China menjadi pemain penting dalam tatanan dunia saat ini
Foto:

Fase perubahan haluan dalam hubungan ini terjadi setelah beberapa dekade keputusasaan yang dialami oleh negara dan rakyatnya karena sanksi selama beberapa dekade.

Iran tetap memperhatikan potensi lokasi geostrategis mereka dan juga mengingatkan mereka tentang inisiatif yang diluncurkan beberapa dekade lalu, namun semuanya gagal.

Akhir-akhir ini, muncul perasaan yang berkembang di kalangan pejabat Iran dan terutama mereka yang bergerak di bidang logistik, komunikasi, dan pembangunan infrastruktur bahwa karena penundaan yang disebabkan oleh sikap enggan dan segan, Iran terus menerus kehilangan peluang pembangunan yang vital sementara negara-negara lain telah mengambil alih memimpin.

Mereka juga menunjukkan bahwa negara-negara tetangga telah terbukti jauh lebih cerdik dalam memanfaatkan peluang yang datang ke arah tersebut.

Membutuhkan perencanaan yang matang

Mehdi Samsar, seorang analis Iran, mengatakan bahwa deklarasi luhur yang menekankan lokasi aman dan geostrategis Iran saja tidak cukup untuk mempersiapkan dasar investasi yang cukup besar di dunia di mana semua negara berusaha untuk menarik investor.

Mendesak perencanaan yang cermat untuk memobilisasi semua moda yang mungkin untuk menarik investor, dia mengatakan bahwa pasar yang sangat kompetitif membutuhkan penandatanganan kontrak jangka panjang, memberikan jaminan untuk mendukung investor (baik dalam maupun luar negeri), memberikan izin khusus untuk sewa jangka panjang, atau pembelian dan pengadaan tanah oleh perusahaan asing, memfasilitasi pendapatan dan peluang perdagangan, yang memungkinkan tempat bagi investor asing dan karyawan perusahaan investor termasuk di antara hak-hak istimewa ini.

Setelah menandatangani perjanjian kemitraan ekonomi dan keamanan dengan Beijing, Iran telah mendapatkan dukungan dari kekuatan dunia dan sekarang bercita-cita untuk mengembangkan kapasitas untuk melawan sanksi AS.

China juga dapat membantu Iran mengembangkan kapasitas untuk mengatasi efek pandemi Covid-19.

Kunjungan tujuh hari Wang Yi ke Timur Tengah menawarkan pendekatan multi-arah yang mencakup tindakan sebagai faktor penenang untuk meredakan ketegangan regional dan mendesak negara-negara untuk mengejar aturan akomodatif.

Dia juga menyampaikan bahwa China dapat bertindak sebagai pembela tatanan global, mempromosikan keterlibatan konstruktif dengan negara seperti Iran dalam program nuklirnya, dan mengejar kemitraan pragmatis di Teluk Persia.

* Penulis adalah seorang analis yang tinggal di Inggris dan telah bekerja dengan universitas di tiga negara Asia Tengah.

* Opini yang dikemukakan dalam artikel ini sepenuhnya milik penulis dan tidak mencerminkan kebijakan editorial Anadolu Agency.

 

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement