Selasa 30 Mar 2021 03:30 WIB

Wabub Hengky Ajak Masyarakat Sadar Memilah Sampah

Sampah bisa menjadi salah satu potensi ekonomi bagi masyarakat. 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan menggunakan speadboat menelusuri Sungai Citarum, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Foto:

Program ini, kata dia, sekaligus memberikan edukasi bagaimana masyarakat dapat menjaga lingkungan hidupnya dan memahami proses pemilihan sampah yang baik. Karena, masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata terhadap sampah, terutama sampah plastik. 

"Padahal kenyataannya, tidak semua sampah plastik itu tidak bernilai, ada jenis sampah plastik yang bisa dimanfaatkan dan malah menambah nilai ekonomi untuk masyarakat seperti salah satu contohnya adalah sampah plastik berbahan dasar PET,” kata Hengky Kurniawan. 

Menurut Marketing Manager Le Minerale, Febri Hutama, selain program edukasi pemilahan sampah yang bertujuan untuk mendukung kegiatan sirkular ekonomi, program kolaborasi dengan Kabupaten Bandung Barat ini juga menggelar lomba menanam tanaman secara hidroponik dengan media tanam menggunakan botol atau galon bekas berbahan PET. Program ini secara khusus menyasar kelompok PKK dan masyarakat di desa-desa yang berlokasi di Bandung Barat untuk turut berpartisipasi. 

"Diharapkan ke depannya program ini bisa membuat warga teredukasi tentang pentingnya pemilahan sampah demi kelestarian lingkungan serta potensi ekonominya," katanya. 

Di sisi lain, kata dia, program ini juga bertujuan untuk memfasilitasi ide kreatif masyarakat yang antusias untuk mengguna ulang botol maupun galon bekas yang sudah tidak terpakai. Selain lingkungannya menjadi lebih asri, kesehatan masyarakat pun turut terjaga dengan menanam tanaman hidroponik yang sehat dan bisa langsung dikonsumsi.

 

Edukasi tentang program ini akan berlangsung secara online sampai ke desa-desa. Untuk mendukung program ini Le Minerale akan menyumbangkan satu unit motor sampah kepada Kabupaten Bandung Barat. Selain itu juga akan ada hadiah menarik berupa uang tunai puluhan juta rupiah untuk para peserta lomba hidroponik yang berpartisipasi di program ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement