Senin 29 Mar 2021 12:27 WIB

LIPI Perkirakan Vaksin Covid-19 Diuji Coba pada Kuartal III

Jika uji coba ke hewan berhasil, akan dilanjutkan pada tahap uji klinis ke manusia.

Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperkirakan vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkannya akan diuji coba ke hewan pada kuartal ketiga 2021.
Foto:

Uji klinis tahap 3 vaksin Sinovac di Indonesia telah dilakukan pada kelompok umur 18-59 tahun. Seperti vaksinasi pada umumnya, vaksinasi Covid-19 juga dapat menimbulkan efek samping.

Efek samping vaksin Sinovac dapat berupa efek lokal di tempat yang disuntik seperti gatal-gatal, kemerahan, pembengkakan; atau efek sistemik seperti pusing, mual atau demam ringan. Namun, dari hasil dari pemantauan sejauh ini, efek samping vaksin Sinovac masih tergolong ringan atau tidak ada sama sekali.

Dalam tahapan vaksinasi, nantinya akan ada dua kali penyuntikan vaksin. Selain itu, dalam beberapa kasus biasanya terbentuknya antibodi baru mencapai puncak setelah sekitar dua minggu hingga satu bulan penyuntikan. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan waspada dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.Wien menuturkan tetap perlu mematuhi protokol kesehatan meskipun telah divaksinasi, setelah beberapa tahap penyuntikan vaksin. 

 

Respons tubuh terhadap vaksin berbeda tiap orang, sehingga tetap harus berhati-hati, karena sejauh ini belum diketahui secara persis berapa lama vaksin tersebut bisa melindungi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement