Sabtu 27 Mar 2021 13:57 WIB

Cerita Doktor Honoris Causa Doni Monardo dan Bibit Trembesi

IPB berikan gelar Doktor Honoris Causa karena menilai Doni berhasil kelola lingkungan

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kepala BNPB Doni Monardo mendapat gelar doktor kehormatan dari IPB, Sabtu (27/3). Doni dinilai berhasil dalam pengelolaan lingkungan. Gagasan Emas Biru dan Emas Hijau yang diinisiasi Doni Monardo juga dinilai berhasil dalam meredam konflik di kepulauan Maluku.
Foto:

Doni menjelaskan alasan dia terkait dengan trembesi. Ketika bertugas di Paspampres tahun 2001, dia sering berkunjung ke berbagai daerah. 

Ia sering mengamati di sekitar bangunan peninggalan Belanda setidaknya ada tiga jenis pohon, yaitu trembesi, asam, dan beringin. Selain itu, berdasarkan penelitian dosen Fakultas Kehutanan IPB, Ended N Dachlan, yang mengatakan bahwa pohon trembesi adalah penyerap polutan terbaik.

"Sangat cocok untuk penghijauan di kota," ungkapnya.

Institut Pertanian Bogor (IPB) menganugerahi gelar doktor kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo. Penganugerahan gelar doktor kehormatan tersebut dipimpin langsung oleh Rektor IPB Arif Satria di Graha Wisuda Widya IPB, Sabtu (27/3).

"Pada 2020 senat akademik memberikan persetujuan pemberian gelar kehormatan doktor honoris causa kepada Letjen TNI Doni Monardo dalam bidang ilmu pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan," kata Arif Satria dalam sambutannya dalam acara pemberian gelar kehormatan kepada Letjen Doni Monardo yang dipantau secara daring, Sabtu (27/3).

Arif mengatakan, Doni dinilai berhasil dalam pengelolaan lingkungan. Gagasan Emas Biru dan Emas Hijau yang diinisiasi Doni Monardo juga dinilai berhasil dalam meredam konflik di kepulauan Maluku. 

 

"Ini adalah sebuah langkah yang baik sekali dalam rangka untuk menciptakan stabilitas sosial dengan pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam secara adil," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement