Senin 15 Mar 2021 16:39 WIB

BPIP Gandeng UI Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila

Generasi Z harus dibekali dengan pemahaman mendalam tentang wawasan kebangsaan

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) gandeng Universitas Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh mahasiswa UI.
Foto: bpip
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) gandeng Universitas Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh mahasiswa UI.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) gandeng Universitas Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh mahasiswa UI. Penanaman tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan Kuliah Asinkron dengan tema "Penanaman dan Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Perguruan Tinggi". 

Dalam sambutannya, Kepala BPIP Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD mengatakan sangat menyambut baik dengan kerja sama yang dilakukan untuk menanamkan semangat nasionalisme terhadap mahasiswa. Prof Yudian menjelaskan, dimasa generasi Z sekarang, harus dibekali dengan pemahaman mendalam tentang wawasan kebangsaan atau perilaku yang Pancasilais.

"Pemahaman ini bertujuan untuk menumbuhkan generasi bangsa yang unggul dan berkarakter sehingga kerja sama antara BPIP dan Perguruan tinggi seperti UI sangat baik dilakukan," jelasnya. 

Prof Yudian mengaku meski diberikannya pendidikan melalui visual ini diharapkan mampu memberikan dampak baik kepada mahasiswa khususnya UI dalam pembinaan ideologi Pancasila sehingga mahasiswa bisa tersalurkan dengan cepat kepada mahasiswa.

"Pengembangan materi kebangsaan bisa ditingkatkan kualitas dan kuantitas sehingga pembinaan ideologi Pancasila bisa lebih dirasakan manfaatnya dengan jangkauan yang luas", tutup Prof Yudian Senin, (15/3). 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr rar net Abdul Haris menjelaskan sangat antusias dengan materi pembelajaran penanaman Ideologi Pancasila kepada mahasiswa UI dalam membangun karakter mencerdaskan bangsa melalui Pancasila.

"Kami sangat senang menerima materi yang diserahkan oleh BPIP kepada UI selaku Universitas untuk menanamkan nasionalis Pancasila kepada mahasiswa," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement