Ahad 21 Mar 2021 20:38 WIB

Salimah Berbagi Kiat Menjadi Ibu Profesional

Penting sekali untuk menata niat agar aktivitas yang dilakukan menjadi berharga.

seminar daring oleh Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Malang bekerjasama dengan Profesional Muslimah Community pada Sabtu (20/3).
Foto:

Karena seorang perempuan bukanlah seorang super woman, kata Alfie, maka perlu untuk mengelola sumber daya yang ada. Pengelolaan ini mencakup diri sendiri, lingkar terdekat, peran profesi dan senantiasa terus belajar dan bergerak. Dalam pengelolaan diri, diperlukan fisik yang prima, kesehatan jiwa, dan aktifnya akal.

"Fisik yang prima memerlukan pola makan yang sehat, olahraga, dan istirahat yang cukup. Kesehatan jiwa dapat dicapai dengan menguatkan rasa syukur, berbagi dengan sesama, dan menyediakan waktu khusus untuk diri sendiri (me time). Aktifnya akal memerlukan makanan otak yang bermanfaat untuk berpikir dan berinovasi dalam hidup," katanya.

Agar profesional dalam pekerjaan, menurut Alfie, diperlukan tanggung jawab yang tuntas dan penuh integritas. Selain itu perlu melakukan karya yang lebih dari sekedar biasa. Melakukan yang terbaik, bersemangat meraih prestasi, dan terus melakukan inovasi.

"Setiap orang memiliki kekuatan. Maka perlu memanfaatkan kekuatan tersebut menjadi keunggulan pribadi untuk dikolaborasikan untuk mencapai sukses bersama," ujarnya.

Dalam menjalankan berbagai peran tersebut, lanjutnya, seorang ibu profesional jangan pernah meremehkan setiap kebaikan sekecil apapun. Setiap kebaikan akan berbalas kebaikan. Sesungguhnya jalan kebaikan itu peluangnya terbentang luas, ada dalam banyak aktivitas dan peran.

"Kiat yang perlu dijaga agar seimbang dalam berbagai peran adalah dengan senantiasa bersungguh-sungguh untuk memperbaiki diri, menghadiri majelis ilmu untuk meluruskan orientasi hidup, dan bergabung dengan komunitas kebaikan yang bermanfaat untuk diri dan msyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement