Jumat 19 Mar 2021 19:23 WIB

Penambahan Pasien Covid-19 di Lampung 40 Orang

Total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung hingga saat ini 13.465 orang.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tabung cairan hasil tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR). Ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tabung cairan hasil tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR). Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pasien positif Covid-19 di Provinsi Lampung bertambah 40 orang pada Jumat (19/3). Sedangkan pasien sembuh bertambah 75 orang, dan pasien positif yang wafat juga bertambah dua orang.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Jumat (19/3), total pasien konfirmasi positif sebanyak 13.465 orang setelah penambahan kasus baru 40 orang. Pasien selesai isolasi (sembuh) 12.170 orang, tambahan 75 orang. Sedangkan kasus kematian total 716 orang, bertambah dua orang.

Kepala Dinkes Lampung dr Reihana mengatakan, jumlah pasien positif Covid-19 dalam terjadi penurunan dalam beberapa pekan terakhir. Namun, kasus kematian masih tercatat setiap harinya.

“Angka kesembuhan 90,38 persen, dan kasus meninggal dunia dengan case fatality rate (CFR) sebesar 5,32 persen,” kata Reihana, yang juga juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Lampung dalam keterangan persnya, Jumat (19/3).

Penambahan sebanyak 40 orang positif Covid-19, ia memaparkan berasal dari Kota Bandar Lampung 13 terbanyak dari sebaran sembilan daerah di Lampung. Disusul Kabupaten Lampung Tengah dan Pringsewu masing-masing 6 orang, Lampung Selatan 5 orang, Metro dan Pesawaran masing-masing 3 orang, Lampung Timur 2 orang, Pesisir Barat dan Lampung Utara masing-masing 1 orang.

Dari 40 kasus konfirmasi positif, terdiri dari hasil tracing 33 orang, kasus baru 7 orang, pasien yang menjalani isolasi mandiri 20 orang, dan pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Lampung juga 20 orang.

Sedangkan pasien yang sembuh bertambah 75 orang, terbanyak dari Kota Bandar Lampung 21 orang, disusul Lampung Barat 17 orang, Metro 11 orang, Lampung Tengah 9 orang, Pesisir Barat 8 orang, Lampung Selatan 4 orang, Lampung Timur 3 orang, Pringsewu dan Mesuji masing-masing 1 orang.

“Penambahan kasus kematian konfirmasi positif ada dua orang dari Lampung Tengah dan Lampung Selatan,” kata Reihana, yang juga pelaksana tugas Dirut RSUD Abdul Moeloek Lampung.

Ia mengatakan, saat ini ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan pemerintah di Lampung sebanyak 881 buah. Sedangkan pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat menggunakan 301 tempat tidur. Masih tersisa yang belum dipakai di beberapa rumah sakit sebanyak 580 tempat tidur.

Menurut dia, tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi dengan tekanan negatif tersedia di tujuh RSUD di Lampung sebanyak 16 buah. Sedangkan tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi biasa tersedia di empat RSUD sebanyak 11 buah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement