Kamis 18 Mar 2021 22:35 WIB

Imigrasi Palembang Buka Layanan Eazy Passport untuk Pelajar

Melalui layanan ini, pemohon tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi.

 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sumatra Selatan, membuka pelayanan Eazy Passport atau pembuatan paspor sistem jemput bola kepada pelajar, guru, dan orang tua siswa. (ilustrasi).
Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sumatra Selatan, membuka pelayanan Eazy Passport atau pembuatan paspor sistem jemput bola kepada pelajar, guru, dan orang tua siswa. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sumatra Selatan, membuka pelayanan Eazy Passport atau pembuatan paspor sistem jemput bola kepada pelajar, guru, dan orang tua siswa. Layanan ini untuk persiapan wisata pendidikan dan kegiatan lainnya di luar negeri.

"Kegiatan pelayanan Eazy Passport kali ini dilakukan di Ignatius Global School Palembang terutama untuk pelajar yang akan mengikuti tes IELTS," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Azwar Anas di Palembang, Kamis (18/3).

Dia menjelaskan, pelayanan pembuatan paspor khusus tersebut diberikan kepada 108 pemohon dengan rincian 12 pemohon baru dan 96 pemohon penggantian atau yang habis masa berlaku paspornya. Pelayanan pembuatan paspor jemput bola secara kolektif itu dilakukan atas permintaan Ketua Yayasan Ignatius Global School, Djony.

Menurut dia, kegiatan pelayanan tersebut dilakukan sesuai protokol kesehatan antisipasi penularan Covid-19. Pengembangan layanan keimigrasian Eazy Passport sesuai arahan Dirjen Keimigrasian Kemenkumham untuk meningkatkan kinerja pelayanan pada era normal baru produktif aman dari Covid-19.

"Layanan Eazy Passport ini sangat diapresiasi oleh pemohon karena mereka mendapat kemudahan tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi serta mengurangi risiko penularan virus corona dalam masa pandemi sekarang ini," ujarnya.

Kasilantaskim Imigrasi Palembang, Triman, mengatakan layanan Eazy Passport merupakan pengembangan pelayanan paspor simpatik yang dibuka pada momentum tertentu setiap akhir pekan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat membuat paspor. Pelayanan paspor simpatik yang dibuka selama ini untuk membantu masyarakat yang pada hari kerja tidak memiliki waktu untuk melakukan pengurusan paspor. Mereka dapat memanfaatkan kesempatan pelayanan khusus di akhir pekan untuk lebih memudahkan masyarakat mengurus dokumen keimigrasian di tengah pandemi Covid-19.

Mengenai teknis pelayanan Eazy Passport, instansi pemerintah dan swasta, BUMN, perumahan, lingkungan pendidikan seperti sekolah, pesantren, asrama, kampus perguruan tinggi serta lingkungan organisasi atau komunitas silakan mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Palembang. "Kelompok masyarakat, pelajar, mahasiswa, pegawai instansi pemerintah dan swasta di wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang meliputi Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Prabumulih bisa mengajukan permohonan pelayanan Eazy Passport," kata Triman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement