Jumat 05 Mar 2021 22:22 WIB

Warga Desa Temulus Rintis Wisata Air

Meskipun objek wisatanya masih berupa rintisan, tetapi sudah ada pengembangan.

Wisatawan menikmati mandi di bawah guyuran air terjun. (ilustrasi)
Foto:

Meskipun objek wisatanya masih berupa rintisan, tetapi sudah ada beberapa pengembangan di sekitar lokasi, mulai dari penyediaan spot swafoto, tempat bermain, tempat istirahat hingga tiga unit perahu yang siap melayani pengunjung untuk berputar-putar sekitar rawa.

Sementara saat musim kemarau, wisata perahunya dialihkan di Sungai Jeratun yang airnya masih tetap tersedia, meskipun kemarau.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana untuk mengajukan izin pengelolaan wisata air. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada izinnya," ujarnya.

Ketika sudah mengantongi izin resmi, rencananya akan ada pengembangan mulai dari hutan desa, tempat parkir, akses jalan serta sarana pendukung lainnya dengan menggunakan anggaran dari berbagai sumber.

Pemerintah desa setempat juga sudah mengajukan anggaran untuk rintisan desa wisata sebesar Rp100 juta dari provinsi. Rencananya akan digunakan untuk pengadaan perahu, kereta, alat pemotong rumput, dan generator set (genset) karena belum tersedia jaringan listrik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement