Kamis 04 Mar 2021 17:50 WIB

Muncul Varian B117, Satgas: Vaksin Covid-19 Masih Efektif

Satgas minta masyarakat tak khawatir, tetapi tetap patuhi protokol kesehatan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 masih efektif melawan mutasi atau varian baru Covid-19 asal Inggris yakni B117. Karena itu, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat tak khawatir terhadap munculnya varian baru ini.

“Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif dalam melawan mutasi Covid-19 asal Inggris yaitu B117,” kata Wiku saat konferensi pers, Kamis (4/3).

Baca Juga

Kendati demikian, Satgas meminta masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19. Wiku menjelaskan, munculnya varian baru Covid-19 merupakan hal yang lazim ditemui, utamanya di masa pandemi saat ini.

Pada prinsipnya, kata dia, varian virus dapat terus bertambah seiring berjalannya waktu, terutama pada saat kondisi pandemi masih berlangsung karena banyaknya penularan di masyarakat. Mutasi adalah proses terjadinya kesalahan saat virus memperbanyak diri sehingga bentuk virus anakan tidak sama dengan virus aslinya atau parental strain.

Virus bermutasi untuk beradaptasi dengan lingkungan. Ia mengatakan, para peneliti di berbagai dunia pun terus melakukan penelitian lebih lanjut mengenai mutasi virus yang muncul. 

Sehingga, bisa diketahui implikasi yang ditimbulkan dari varian baru Covid-19 serta menemukan solusinya. “Maka dari itu, saya minta agar masyarakat jangan khawatir berlebihan,” tambahnya.  

Wiku menjelaskan, sebagian besar mutasi tidak secara material mengubah kemampuan virus untuk menimbulkan penyakit, begitu juga terhadap efektivitas vaksin secara signifikan. Namun, semakin sedikit keberadaan mutasi virus, semakin efektif vaksin yang sedang dikembangkan sehingga dapat bekerja dengan baik.

Saat ini, pemerintah telah mengambil langkah strategis bekerjasama dengan para peneliti untuk memahami perkembangan virus ini. Pemerintah juga menginstruksikan petugas di lapangan untuk memperketat proses skrining guna mencegah masuknya varian baru dari negara lain. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement