Kamis 04 Mar 2021 13:58 WIB

Intip Kemampuan Kapal Angkut Tank TNI Buatan Dalam Negeri

Pembuatan kapal angkut tank itu lebih cepat delapan bulan dari waktu yang ditetapkan.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
KSAL Laksamana Yudo Margono bersama Kabaranahan Kemenhan, Marsda Yusuf Jauhari meneken dokumen serah terima  KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 di Batam, Rabu (3/3).
Foto:

Dengan begitu pula, kata dia, pada akhirnya laju perekonomian bangsa dan kesejahteraan rakyat indonesia khususnya dapat meningkat di tengah masa krisis resesi dunia dan kontraksi ekonomi nasional akibat pandemi global covid-19. Karena itu, dia berharap, agar industri pertahanan dalam negeri, dalam hal ini galangan kapal nasional, dapat meningkatkan kemampuan untuk mampu berkompetisi di pasar global.

"Melalui peningkatan kapasitas produksi, manajemen, serta teknologi modern agar mampu bersaing dengan kompetitor luar negeri," ujar Donny.

Donny juga berharap, kehadiran kedua kapal itu akan meningkatkan performa pelaksanaan tugas-tugas TNI AL. Untuk itu, dia ingin kapal-kapal baru itu pada saat bertugas nanti diisi oleh sumber daya manusia yang tangguh dan terseleksi melalui tata kelola sumber daya manusia yang baik.

Dengan begitu, nantinya pengoperasian sekaligus perawatan kapal ini dapat dilakukan secara optimal. Itu juga harus disertai dengan manajemen yang tepat agar dapat menjalankan fungsi pangkalan dengan baik dalam hal pemeliharaan serta perawatan, sehingga kapal-kapal angkut tank ini dapat beroperasi secara berkesinambungan.

 

“Saya berharap, seluruh pihak terkait mampu menciptakan inovasi-inovasi baru. Kita tunjukkan kepada bangsa lain bahwa kita mampu berdiri di atas kaki sendiri dengan terus mengejar segala ketertinggalan yang sudah terjadi selama ini," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement