Selasa 02 Mar 2021 23:00 WIB

BPBD Banjarnegara Gencarkan Penyebarluasan Informasi Bencana

Salah satu upaya efektif dalam upaya mitigasi bencana dengan memberikan informasi

[Ilustrasi] bencana longsor
Foto:

Dia menambahkan upaya lain yang dilakukan terkait dengan upaya mitigasi bencana adalah mengoptimalkan radio komunikasi dan media sosial untuk media penyebaran informasi.

"Dengan radio komunikasi dan media sosial maka apabila ada info bencana di satu wilayah maka dapat cepat tersampaikan dan ditindaklanjuti," katanya.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak seluruh warga di wilayah setempat untuk menerapkan perilaku masyarakat sadar bencana guna mendukung upaya pengurangan risiko bencana.

"Mari bersama-sama mengedepankan perilaku masyarakat sadar bencana," katanya.Ia berharap, dengan adanya perilaku sadar bencana maka masyarakat dapat selalu waspada dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana.

"Terutama pada periode puncak musim hujan seperti sekarang ini," katanya.

Ia mengatakan perilaku masyarakat sadar bencana harus diterapkan dan dibiasakan menjadi pola hidup sehari-hari."Kenali tanda-tanda bencana di sekitar kita seperti rekahan tanah, air yang mendadak keruh dan lain sebagainya. Segera laporkan ke perangkat desa atau ke BPBD Banjarnegara," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement