Rabu 24 Feb 2021 07:02 WIB

Wiku: Selama PPKM, Angka Kesembuhan Covid-19 Naik

Tren kenaikan kesembuhan terjadi di 7 provinsi di Jawa dan Bali selama PPKM.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, tren kenaikan kesembuhan terjadi di tujuh provinsi di Jawa dan Bali selama pelaksanaan PPKM. Meskipun demikian, peningkatan tren kesembuhan terjadi di waktu yang bervariasi.

Di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, dan Jawa Timur menunjukan tren kenaikan kesembuhan pada saat memasuki tahap ketiga PPKM tingkat kabupaten kota. Sedangkan di DIY dan Banten menunjukan tren kenaikan kesembuhan lebih awal yakni saat memasuki tahap kedua PPKM tingkat kabupaten kota.

Baca Juga

Namun angka kesembuhan di Jawa Tengah cenderung menunjukan laju datar dan sedikit menurun di tahap ketiga PPKM. “Hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan PPKM yang sudah memasuki tahap ketiga ini juga menunjukan dampak yang positif terhadap tren kesembuhan,” kata Wiku saat konferensi pers.

Satgas mencatat, persentase kesembuhan pun meningkat tajam di DKI Jakarta yakni dari 89,22 persen menjadi 94,36 persen. Di Banten meningkat dari 52,43 persen menjadi 72,97 persen dan di DIY meningkat dari 66,31 persen menjadi 75,60 persen.

 

“Tentunya dengan upaya pelaksanaan PPKM mikro hingga tingkat RT RW dapat semakin mempercepat penanganan pasien positif Covid-19 sehingga dapat menjaga agar persentase kesembuhan ini dapat terus meningkat,” ujar Wiku.

Baca juga : PPKM Diberlakukan, Angka BOR di RS Turun

Ia pun berharap pelaksanaan PPKM berbasis mikro yang masih berlangsung saat ini dapat meningkatkan persentase kesembuhan terutama di daerah-daerah yang menunjukan tren laju kesembuhan datar dan juga di daerah yang menunjukan penurunan kesembuhan.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement