Kamis 18 Feb 2021 22:20 WIB

Akhirnya Kompetisi Sepak Bola Tanah Air Bisa Bergulir Lagi

Kapolri mengeluarkan izin untuk kompetisi pramusim Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) menyerahkan surat izin keramaian kepada Menpora Zainudin Amali (kiri) usai melakukan pertemuan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Kepolisian memberikan izin keramaian untuk pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang rencananya digelar pada 20 Maret hingga 25 Apri 2021.
Foto:

Pada Kamis (18/2), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menggelar silaturahmi Menpora RI dengan pemangku kepentingan sepak bola. Dalam kesempatan ini, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memaparkan rencana PSSI demi melancarkan izin untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Iwan, sapaan Mochamad Iriawan menyebut PSSI dan PT Liga Indonesia Baru akan menggelar turnamen pramusim yang digelar dengan nama Piala Menpora 2021. Turnamen ini direncanakan digelar pada 20 Maret hingga 25 April mendatang.

"Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 inginnya digelar setelah lebaran, untuk mengisi kekosongan, digelar turnamen prakompetisi sehingga butuh uji simulasi disiplin protokol kesehatan," kata Iwan.

Iwan menyebut turnamen tersebut dapat menjadi uji simulasi dari kompetisi. Sehingga, panitia pelaksana pertandingan dapat mempersiapkan dan pemantapan menuju kompetisi dengan sistem baru.

"Pertandingan juga dilaksanakan tanpa penonton sehingga turnamen ini bisa menjadi bahan evaluasi perilaku supporter, seperti larangan nobar, pengumpulan massa maupun berkeliaran," kata Iwan.

Di sisi lain, turnamen tersebut dapat menjadi pemanasan tiap klub untuk seleksi pemain sebelum mendapat kontrak permanen. Turnamen tersebut diklaim dapat menyelamatkan pemain sepak bola yang kini harus banting setir mengganti pekerjaan mereka.

"Turnamen berlangsung 48 laga di empat tempat, Solo, Bandung, Malang, Palembang dengan pertimbangan matang, bukan asal tunjuk. Tentu ada hadiah yang diberikan, nanti akan kita sampaikan secara jelas pada peserta kompetisi," kata Iwan.

Iwan mengakui rencana pelaksanaan kompetisi akan bergantung pada turnamen Piala Menpora tersebut. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin kompetisi tidak bisa digelar jika Piala Menpora gagal dilaksanakan sesuai protokol.

"Ingat ya, liga ini baru bisa digelar jika pramusim berjalan dengan protokol kesehatan dan komitmen supporter sehingga izin bisa keluar," kata Iwan.

Iwan berharap turnamen ini menjadi jalan bagi kepolisian untuk bisa memberikan izin kompetisi. Sehingga dia meminta pemimpin klub dan pimpinan supporter untuk berkomitmen menjaga protokol kesehatan.

Dalam Piala Menpora nanti, supporter tidak hanya dilarang untuk datang ke stadion. Supporter pun dilarang untuk menggelar nonton bareng dan membuat kerumunan.

Untuk dapat memanjakan penonton, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ahmad Hadian Lukita berjanji LIB akan membuat penonton dapat menonton dengan mudah. Ahmad menjamin seluruh pertandingan dapat ditonton oleh supporter dari rumah.

"Kami berharap semua penonton mendapat akses semudah mungkin dan smeurah mungkin, bahkan fasilitas menonton secara gratis agar terjangkau seluruh pertandingan," kata Ahmad.

Ahmad mengakui seluruh rencana tentu bisa berubah jika izin tidak keluar. Sehingga butuh komitmen dari supporter agar tetap menjaga protokol kesehatan sehingga Liga 1 dan Liga 2 bisa kembali digulirkan.

"Kita masih menunggu izin kepolisian karena tentu ada analisa di tempat pertandingan yang akan berlangsung. Kalau akhirnya izin keluar, tentu berkat seluruh dukungan banyak pihak, termasuk supporter," kata Ahmad.

Ahmad pun tetap meminta seluruh supporter untuk bisa menjaga protokol kesehatan tidak hanya dipertandingan. Menurutnya, dengan disiplin protokol kesehatan bukan hanya pertandingan bisa digelar, tapi juga pandemi akan berakhir.

"Mari kita tunjukkan pada smeua pihak bahwa kita siap untuk menjalankan protokol kesehatan sebaik-baiknya, laksanakan 3M-nya, tetap pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata Ahmad.

Sayangnya, turnamen tersebut tidak diikuti oleh semua klub Liga 2. Hal itu pun membuat manajer Perserang Serang, Babay Karnawi keberatan dan meminta seluruh klub Liga 2 turut andil dalam Piala Menpora.

"Jadi kami mohon dari peserta Liga 2 diikutsertakan pada turnamen pramusim ini. Karena kami ingin ikut terlibat dalam perkembangan sepak bola tanah air," kata Babay.

Saran dari Babay kemudian ditampung oleh PSSI. PSSi berjanji akan mematangkan turnamen tersebut termasuk kemungkinan menambah tim.

Sementara itu, Ketua Umum Viking Persib Club, Herru Djoko berterima kasih pada stakeholder terkait yang mau memperjuangkan adanya kegiatan sepak bola. Herru pun mengaku akan mengajak setiap pendukung Persib untuk turut berkomitmen melaksanakan protokol kesehatan agar liga kembali bergulir.

"Kami berterima kasih pada seluruh stakeholder yang berusaha untuk membuat liga kembali bergulir. Kami dukung tim kami dari rumah, kami akan meminta Bobotoh untuk menjaga protokol kesehatan," kata Herru.

photo
Liga Belarusia tetap menjalankan kompetisi ditengah wabah virus corona. - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement