Rabu 17 Feb 2021 13:45 WIB

Wiku Prediksi Angka Kasus Positif akan Menurun

Penurunan angka kasus seiring dengan peningkatan tajam kepatuhan protokol kesehatan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memaparkan perkembangan penanganan Covid-19. Wiku memprediksi akan kasus positif Covid-19 akan menurun.
Foto:

Tak hanya itu, Satgas juga mencatat kepatuhan dalam memakai masker tampak naik drastis setelah diberlakukannya PPKM berbasis mikro. Menurut dia, peningkatan kepatuhan memakai masker ini tak terlepas dari upaya pengawasan yang lebih ketat di tingkat yang lebih kecil.

Karena itu, Wiku berharap posko di daerah berperan aktif mengawasi kegiatan masyarakat di daerahnya masing-masing dan meningkatkan jumlah daerah yang patuh dalam memakai masker. “Perkembangan baik ini tentunya harus terus kita pertahankan. Namun perlu saya tekankan bahwa kita tetap tidak boleh lengah dengan terus melakukan upaya-upaya penanganan Covid-19, yaitu testing, tracing, dan treatment,” jelas Wiku.

Selain patuh terhadap prokes guna mencegah penularan, upaya ini juga perlu dibarengi dengan peningkatan jumlah pemeriksaan secara merata di seluruh daerah. Penularan Covid-19 di tengah masyarakat bisa dikatakan menurun apabila jumlah pemeriksaannya konsisten tinggi namun penambahan kasus positifnya tetap menurun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement