Senin 15 Feb 2021 23:06 WIB

Mantan Pegawai PLN Tewas Tersengat Listrik

Korban diduga lupa mematikan satu dari dua saklar yang terhubung aliran listrik

Ilustrasi Tersengat listrik
Foto: pixabay
Ilustrasi Tersengat listrik

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Mantan pegawai PLN, Syahril Mukaji (68 tahun), ditemukan tewas tersengat listrik di atas plafon rumah warga Kepatihan, Tulungagung, Jawa Timur, Senin (15/2). Petugas gabungan dari kepolisian, TNI, dan relawan berhasil mengevakuasi jenazah korban pada Senin sore.

"Kasus ini murni kecelakaan. Kami sudah melakukan identifikasi lapangan, termasuk meminta keterangan saksi. Tidak ditemukan unsur kesengajaan dalam kejadian ini," kata salah satu perwira pengendali yang bertugas di lokasi evakuasi, Iptu Didik Riyanto.

                               

Proses evakuasi yang dimulai pukul 15.30 WIB banyak mendapat perhatian masyarakat sekitar. Polisi sampai harus menjauhkan warga agar tidak berjubel dekat area yang telah dipasang garis polisi agar tidak mengganggu upaya evakuasi korban.

                               

"Korban saudara Syahril ini sedang memperbaiki jaringan listrik di rumah saksi atas nama Anton Efendi di Jalan Urip Sumoharjo di Kelurahan Kepatihan," kata dia. 

Hasil penyelidikan polisi, diduga korban lupa tidak mematikan satu dari dua saklar yang terhubung aliran listrik di dalam rumah. Kesalahan itu berdampak fatal.

                               

Menurut Narto, korban sudah ahli dalam memperbaiki aliran listrik sehingga tidak perlu memutus aliran utama listrik. "Beliau pensiunan petugas PLN, biasa (nyambung kabel), arus tinggi saja biasa," katanya.

                               

Menurut Didik, Syahril tersengat listrik sekitar pukul 14.30 WIB. Ia dimintai tolong pemilik rumah memperbaiki aliran listrik yang terputus. "Pada saat memperbaiki korban tersengat listrik, sehingga meninggal dunia tepat di atas plafon," kata Didik.

                               

Disinggung dugaan unsur kelalaian dalam kejadian ini, mengingat saat perbaikan aliran listrik tidak diputus. "Mungkin menganggap korban sudah lihai, sehingga saat perbaikan instalasi tidak dimatikan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement