Senin 15 Feb 2021 21:41 WIB

Polda Kalsel Bantu Penyediaan Alquran Braille Buat Tunanetra

Penyediaan Alquran braille bagi para penyandang tunanetra untuk belajar Alquran.

Para penyandang tunanetra belajar membaca Alquran braille  (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Para penyandang tunanetra belajar membaca Alquran braille (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Polda Kalimantan Selatan membantu penyediaan Alquran braille untuk para penyandang tunanetra di daerah itu dalam pembelajaran baca Alquran. "Kami atas nama pimpinan menyerahkan bantuan Alquran braille ini kepada kawan-kawan yang tergabung di Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kalsel," kata Kabag Watpers Biro SDM Polda Kalsel AKBP Dani Humardani di Banjarmasin, Senin (15/2). 

Dengan penyediaan Alquran braille itu diharapkan dapat lebih memotivasi anggota Pertuni yang Muslim untuk mempelajari kitab suci umat Islam tersebut. "Kami juga memfasilitasi pengajian di Masjid Al Muhtadin Polda Kalsel. Silakan bagi tenaga pengajar Alquran braille yang berkenan membantu untuk bergabung," tutur Dani.

Baca Juga

Ketua DPD Pertuni Kalsel Agus Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Polda Kalsel yang telah peduli terhadap masyarakat inklusif seperti mereka. "Semoga Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dan Wakapolda Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono yang memelopori bantuan ini senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan dari Allah SWT," ucapnya.

Agus mengakui biaya yang mahal penyediaan Alquran braille menyebabkan tunanetra beragama Islam banyak yang tidak dapat mempelajarinya apalagi memiliki Alquran dengan bentuk khusus huruf braille. Yaitu sistem tulisan dan cetakan untuk para tunanetra berupa kode yang ditonjolkan pada kertas sehingga dapat diraba.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement