Jumat 05 Feb 2021 08:51 WIB

Longsor di Pejaten Timur Rusak 1 Rumah Warga

Rumah warga yang rusak berada di pinggir tebing dekat dengan Kali Ciliwung

Red: Nur Aini
Kondisi pemukiman padat penduduk di kawasan aliran Kali Ciliwung, Jakarta, ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kondisi pemukiman padat penduduk di kawasan aliran Kali Ciliwung, Jakarta, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu rumah warga berlokasi di tepi sungai Jalan Swadaya, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengalami kerusakan akibat longsor.

Kepala Regu Grup C Pos Swadaya Pejaten Timur, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Selatan, Ahmad Sani, saat dikonfirmasi Jumat (5/2), menyebutkan longsor terjadi pada Kamis malam (4/2) pukul 20.15 WIB saat curah hujan tinggi.

Baca Juga

"Longsor menimpa rumah atas nama Rojali, merobohkan bagian dapur dan kamar mandi," kata Ahmad Sani.

Ia menyebutkan, pemilik rumah bersama seluruh keluarganya berhasil menyelamatkan diri keluar dari rumah saat bangunan belakang rumahnya roboh akibat pergerakan tanah. Saat kejadian, sedang turun hujan. Pemilik rumah mendengar suara gemuruh pada bagian belakang rumahnya yang berlokasi lokasi di Jalan Swadaya RT 12/RW 10, Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu.

Menurut Sani, posisi rumah berada di pinggir tebing dekat dengan Kali Ciliwung. Kondisinya saat ini bagian belakang rumah tercebur ke dasar sungai.

"Siang hari, pemilik sudah punya firasat rumahnya bakal longsor pada bagian belakang. Firasat itu rupanya menjadi kenyataan, beruntung pemilik dan penghuni lain berhasil lari keluar, sehingga tidak ada korban jiwa," kata Sani.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement