Ahad 31 Jan 2021 13:17 WIB

Alumnus UBSI Jurusan Sistem Informasi Sukses Jadi Programmer

Salah satu profesi yang paling menjanjikan adalah programmer.

Lili Kurniawan, alumnus UBSI Jurusan Sistem Informasi sukses  berkarir menjadi programmer.
Foto: Dok UBSI
Lili Kurniawan, alumnus UBSI Jurusan Sistem Informasi sukses berkarir menjadi programmer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Profesi programmer dipandang sangat penting beriringan dengan merajainya era komputer, social media dan internet. Bahkan World Economic Forum (WEF) mempublikasikan bahwa ada jenis profesi yang paling dibutuhkan beberapa tahun ke  depan, salah satunya yakni programmer. Memiliki skill sebagai software developer dan engineering merupakan kompetensi plus untuk bersaing dalam dunia kerja. 

Lili Kurniawan, alumnus program studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sebelumnya tidak pernah berpikir akan menjadi seorang programmer. Ia bekerja di PT Prima International Cargo sebagai software developer. Lili menuturkan bahwa ia memiliki peranan job desc yang cukup penting saat ini. 

“Saya membuat aplikasi procurement perusahaan untuk memperlancar ketersediaan barang dan kebutuhan pada setiap divisi kantor, baik yang ada di pusat maupun di cabang,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (21/1).   

Ia mengaku telah bekerja sebagai programmer sejak duduk di bangku perkuliahan. Perusahaan tempatnya bekerja saat ini merupakan perusahaan ketiga, ia bekerja sebagai programmer. Lili bercerita bahwa, skill programmer yang dimilikinya terasah semenjak ia menekuni mata kuliah web progamming dan aplikasi basis data. 

“Materi perkuliahan khususnya web programming dan aplikasi basis data sangat membantu dalam menguasai konsep pemrograman dan query-query yang dibutuhkan sebagai seorang programmer. Bekal pengetahuan yang diajarkan oleh dosen seperti menggunakan php, javascript dan framework sangat membantu profesi saya saat ini,” ujarnya. 

Selain membuat aplikasi procurement, Lili juga disibukkan dengan pengembangan aplikasi padoo sejenis aplikasi akuntansi yang ke depannya membangun sistem Enterprise Resource Planning dalam perusahaan. 

“Tekuni mata kuliah yang telah menjadi minat, dan fokuskan untuk menguasainya sehingga kita menjadi profesional di bidang itu. Walaupun saat ini perkuliahan daring, seharusnya semakin memicu untuk tetap belajar karena peluang belajar semakin luas dengan adanya webinar dan workshop gratis yang sering digelar secara online,” pesan Lili.

Sriyadi, kaprodi Sistem Informasi UBSI menanggapi bahwa memang saat ini, lulusan sistem informasi paling banyak dicari oleh perusahaan. 

"Kemajuan era teknologi membuat lulusan sistem informasi paling dicari dalam dunia industri. Kemampuan mereka menguasai tiga bidang ilmu – yakni  ilmu komputer, bisnis dan manajemen -- patut menjadi sorotan profesi yang menjanjikan. Lili merupakan salah satu dari sekian banyaknya alumnus UBSI yang sukses berkarir sebagai programmer," tutup Sriyadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement