Kamis 28 Jan 2021 13:14 WIB

Top 5 News: India Negara Muslim Terbesar, Ambroncius Ditahan

India diprediksi jadi negara dengan jumlah umat Muslim terbesar menggeser Indonesia

Umat Muslim India shalat subuh di Masjid Jami New Delhi.
Foto:

2. Ketika Kesultanan Turki Utsmani Membakar Kota Moskow

JAKARTA – Perang antara Kekaisaran Rusia dan Turki Utsmani yang kedua meletus pada 1571 ketika 120 ribu tentara Tatar Krimea dari tentara Utsmaniyah, yang dipimpin o Khan Dulat Krai I, menyerbu Moskow pada Mei tahun yang sama. Tentara tersebut melakukan pembakaran, dan menyebutnya sebagai 'Api Moskow'.

Tujuannya adalah merebut kembali kota Astrakhan dari Rusia. Kebakaran ini dianggap sebagai salah satu peristiwa kebakaran terbesar dalam sejarah kota Moskow. Karena orang-orang melarikan diri ke gereja untuk menghindari api, tetapi kobaran api itu runtuh di atas kepala mereka.

Sedangkan yang lainnya melompat ke Sungai Moskow dan banyak yang meninggal, dan sejarawan memperkirakan jumlah korban kebakaran dari 10 ribu menjadi 80 ribu orang.Kesultanan Turki Utsmani melakukan perlawanan terhadap Kekaisaran Rusia. Ilustrasi Kota Moskow

Pada Juli 1572, pasukan Krimea Ottoman menghadapi 60 ribu tentara Kekaisaran Rusia yang dipimpin Pangeran Mikhail Fortansky, dalam pertempuran yang terjadi di dekat Desa Molde, selatan Moskow.

Tentara Rusia mampu mengepung pasukan Krimea dari berbagai daerah, salah satunya dengan menggunakan artileri oleh tentara Rusia.  Tentara Krimea yang didukung Ottoman benar-benar dikalahkan.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. City Kembali ke Puncak Klasemen, Geser MU ke Posisi Kedua

JAKARTA -- Manchester City kembali ke puncak klasemen Liga Primer Inggris. The Citizens menggeser rival sekota Manchester United (MU) dari takhta sementara usai memetik kemenangan meyakinkan 5-0 atas West Bromwich Albion 5-0 di The Hawthorns, Rabu (27/1) dini hari WIB.

 

 

City menang lewat dua gol Ilkay Guendogan, dan masing-masing sumbangan gol dari Joao Cancelo, Riyad Mahrez, dan Raheem Sterling.

Gelandang Manchester City Ilkay Guendogan (tengah) merayakan golnya ke gawang West Bromwich Albion.

City mengumpulkan nilai 41 dari 19 pertandingan, unggul satu poin dari MU. Posisi City setidaknya akan bertahan selama sehari karena MU baru akan bertanding pada Kamis (28/1) dini hari WIB melawan Sheffield United.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement