Kamis 28 Jan 2021 01:10 WIB

Kondisi Anak Harimau Kena Jerat di Aceh Membaik

Kondisi anak harimau terjerat di Aceh akan segera dilepasliarkan ke habitatnya.

Seekor anak Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)  terkena jerat di Desa Gulo, Darul Hasanah, Aceh Tenggara, Aceh,  Sabtu (23/1/2021).
Foto:

Rencananya, lanjut Agus, anak harimau sumatera tersebut akan dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Aceh Tenggara, yang merupakan kawasan saat harimau itu terjerat.

“Tahun ini baru satu ya harimau terjerat. Tahun 2020 ada satu kasus juga harimau terjerat di wilayah Gayo Lues, dan sudah kami lepasliarkan kembali ke kawasan hutannya, dimana dia terjerat, sama hal dengan harimau ini nanti,” katanya.

Agus menyebutkan bahwa harimau sumatera merupakan satwa liar yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Berdasarkan daftar kelangkaan satwa dikeluarkan lembaga konservasi dunia International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), satwa yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera ini berstatus spesies terancam kritis, berisiko tinggi untuk punah di alam liar.

BKSDA Aceh mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian, khususnya harimau sumatra, dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa.

Selain itu, warga diminta tidak menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati.

"Kami mengapresiasi atas dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, kepolisian, TNI yang membantu proses evakuasi dan mendukung pelepasliaran kembali harimau sumatra tersebut ke habitatnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement