Rabu 27 Jan 2021 00:08 WIB

Reisa: Mekanisme Manual Permudah Nakes Ikut Vaksinasi

Satgas Penanganan Covid-19 kini menerapkan mekanisme manual dalam program vaksinasi.

Tenaga kesehatan menunjukkan pesan singkat penerima vaksin di RSIA Tambak, Jakarta, Selasa (5/1). Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mulai mengirimkan pesan singkat atau SMS kepada penerima vaksin Covid-19 gelombang pertama yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Sementara itu, terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu sendiri, Reisa mengatakan kegiatan vaksinasi tersebut sejauh ini berjalan lancar. Antusiasme yang sangat tinggi juga terlihat dari para nakes yang akan divaksinasi Covid-19.

"Sejauh ini tidak ada penolakan. Bahkan para nakes ini antusiasimenya tinggi sekali," katanya.

Untuk itu, ia juga mengajak masyarakat untuk tidak khawatir divaksin Covid-19. Karena telah terbukti keamanannya pada para nakes dan figur publik lain yang telah mengikuti vaksinasi.

"Kalau sampai ada yang menolak, sebenarnya kita harus mengingat kembali tujuan awal dari vaksinasi. Tujuan awalnya selain dia menciptakan imunitas personal, imunitas spesifik untuk pribadi, tapi dia (vaksin Covid-19) juga tujuannya untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok," katanya.

"Jadi kita berharap (dengan vaksinasi Covid-19), virus (SARS-CoV-2, penyebab Covid-19) ini nanti akan segera hilang kalau mayoritas sudah memiliki kekebalan spesifik terhadap virus ini. Jadi virusnya sudah enggak tahu lagi nih mau menginfeksi siapa, karena kebanyakan masyarakatnya kebal," kata Reisa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement