Selasa 26 Jan 2021 19:20 WIB

Menkes: Tekan Laju Covid-19, Kurangi Beban Faskes

Menkes minta masyarakat bersama pemerintah bekerja lebih keras tekan laju Covid-19.

Rep: Dessy Suciati Putri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sejumlah perawat bersiaga dengan mengenakan alat pelindung diri di Instalasi Gawat Darurat khusus penanganan COVID-19 di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (5/6/2020). Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan telah mengalokasi dana insentif dari APBN untuk tenaga kesehatan (Nakes) dalam penanggulangan COVID-19 sebesar Rp1,9 triliun untuk pusat dan untuk daerah Rp3,7 triliun
Foto:

Pemerintah pun menyampaikan duka cita atas penambahan kasus positif yang terus menerus terjadi. Pandemi ini tak hanya menyebabkan puluhan ribu orang meninggal dunia, namun juga menyebabkan lebih dari 600 tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 turut gugur di masa pandemi.

“Ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini,” tambahnya.

Untuk menekan laju penularan virus, Menkes Budi berjanji pemerintah akan terus bekerja keras dalam melaksanakan testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan juga perawatan terhadap pasien selama masa isolasi. Namun, ia juga meminta seluruh masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan.

“Ini tanggung jawabnya ada di Kemenkes untuk memastikan bahwa program testing dari rakyat yang diduga terkena agar kita bisa mengidentifikasi dan mengurangi laju penularan,” jelas Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement