Sabtu 23 Jan 2021 08:58 WIB

TNI AL Tangkap Kapal Ikan Taiwan di Laut Natuna Utara

Kapal Taiwan kedapatan menangkap ikan di ZEE Indonesia, Jumat.

Dermaga TNI AL Faslabuh, Selat Lampa, Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Kapal Taiwan ditarik ke Pangkalan TNI AL Ranai setelah kedapatan menangkap ikan di ZEE Indonesia, Jumat.
Foto:

Komandan KRI USH-359 memerintahkan untuk memberikan isyarat kepada kapal ikan asing untuk berhenti. Hanya saja, peringatan itu diacuhkan oleh kapal tersebut.

Dengan manuver, akhirnya kapal ikan asing dihentikan dan dirapatkan dengan KRI. Selanjutnya, Tim Visit Board Search and Seizure melakukan pemeriksaan.

Dari pemeriksaan awal, kapal ikan asing bernama Hai Chien Hsing 20 dengan bobot 70 Gross Ton (GT) berbendera Taiwan itu memiliki sembilan orang anak buah kapal, dua orang di antaranya berkebangsaan Taiwan dan tujuh berkebangsaan Indonesia. Kapal dinakhodai Hu Shih Jung, warga negara Taiwan.

Kapal tersebut diduga melakukan penangkapan ikan di ZEE Indonesia tanpa dilengkapi dokumen perizinan yang sah dan menggunakan alat tangkap yang tidak sesuai dengan aturan. Di dalam kapal terdapat ikan campuran sebanyak 12 ton dalam 4 palka. Kapal berbendera Taiwan itu diduga melanggar Pasal 93 ayat (2) Jo Pasal 27 ayat (2) UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement