Sabtu 23 Jan 2021 15:00 WIB

Foto Mensos Risma Angkat Kayu, Ini Fakta Sebenarnya

Beredar viral foto Risma (Tri Rismaharini) saat mengangkat kayu di lokasi banjir.

Beredar viral foto Risma mengangkat kayu saat ada bencana
Foto:

Berdasarkan penelusuran Republika, sumber foto Risma itu ditemukan di akun Kaskus pada 16 September 2014 dengan judul 'Kemunafikan Panastak Aher dan Risma Sama-Sama Tukang Panggul Beda Perlakuan'. Di sini, akun pendukung Aher alias Ahmad Heryawan (gubernur Jawa Barat periode 2008-2018) saling serang dengan pendukung Risma.

Kedua pendukung itu saling tuding, baik Aher maupun Risma melakukan pencitraan. Jika Aher di foto sedang memanggul beras, Risma terlihat memanggul kayu dengan membawa megaphone. Hanya saja, forum ini, terlihat banyak dominan pendukung Risma yang menganggap jika idolanya lebih natural dalam mengangkat kayu dibandingkan Aher mengangkat karung beras sambil tersenyum.

Sehingga, jika merujuk peristiwa terjadi pada 2014, dapat dikatakan jika Risma memanggul kayu itu dilakukannya saat masih menjabat wali kota Surabaya. Merujuk aturan Kementerian Komunikasi dan Informatik (Kemenkominfo) maka foto Mensos Risma Mengangkat Kayu termasuk jenis Konten yang Salah. Maksudnya, kontens jenis ini fotonya asli, namun dipadankan atau dikait-kaitkan dengan konteks informasi yang salah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement