Kamis 21 Jan 2021 21:35 WIB

BPPT Kembangkan Rapid Test Titer Antibodi Pascavaksinasi

Rapid test titer antibodi mengukur jumlah antibodi yang dihasilkan pascavaksinasi.

Vaksinator bersiap untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Dago, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung, Rabu (20/1).Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sebanyak 4.070 tenaga kesehatan dan 69 pejabat publik, tokoh agama dan tokoh masyarakat di tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat telah disuntik vaksin Covid-19. Titer antibodi yang muncul pascavaksinasi diharapkan bisa diketahui lewat rapid test yang dikembangkan BPPT.
Foto:

Lalu ada RDT iCovid-19 untuk deteksi IgG/IgM yang merupakan hasil kerja sama BPPT, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran, dan pakar Biomedika. Pada penguatan aspek pengujian (testing), produk yang dihasilkan meliputi reagen PCR test kit BioCov-19 dan mBioCov-19 sebagai hasil kerja sama BPPT, Nusantics, dan PT Bio Farma.

Selanjutnya, menurut Soni, ada lab mobile BSL 2 varian kontainer, trailer, dan bus, sebagai hasil kerja sama BPPT, Kementerian Riset dan Teknologi, ITB, Institut Pertanian Bogor, IAIS, Bio Farma, Unisba, Kementerian Kesehatan, Asosiasi Bio Resiko, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan TNI Angkatan Darat. Kemudian, ada prototipe biosensor SPR untuk deteksi langsung virus penyebab Covid-19 yang merupakan hasil kerja sama BPPT, ITB, dan Universitas Padjadjaran.

Untuk penguatan aspek pengobatan (treatment), produk yang dihasilkan adalah ventilator dan produksi beberapa sarana kesehatan berupa alat penyanitasi tangan, desinfektan, mobile hand washer, face shield, dan Biskuneo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement