Kamis 21 Jan 2021 21:18 WIB

Munas IV Ikatan Alumni Trisakti Terapkan Protokol Kesehatan

Munas IV Ikatan Alumni Trisakti soroti penanganan Covid-19

Munas IV Ikatan Alumni Trisakti soroti penanganan Covid-19.
Foto: Dok Istimewa
Munas IV Ikatan Alumni Trisakti soroti penanganan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Musyawarah Nasional IV Ikatan Alumni Universitas Trisakti (Munas IV IKA-USAKTI) 23 Januari 2021 akan menerapkan protokol kesehatan ketat.  

“Panitia sudah mempersiapkan tata cara Munas dengan mengacu pada protokol kesehatan,” kata Ketua Panitia Pelaksana Munas IV IKA-USAKTI, Johny Tahalea, di Jakarta, Kamis (21/1/2021). 

Alumni Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Mesin itu menyebutkan, panitia Munas pun wajib menjalani rapid test. Untuk memutus atau mengurangi risiko penularan Covid-19, panitia sepakat Munas tahun ini digelar secara daring. 

“Para peserta adalah perwakilan dari pengurus ikatan alumni dari fakultas, jurusan atau prodi, dan pascasarjana,” kata dia.  

 

Sementar itu, Ketua Panitia Pengarah, Samuel Wilhelm Amanupunnjo, mengatakan tim sukses dari bakal calon Ketua Umum IKA-USAKTI, M Azis Syamsuddin yang  merupakan Wakil Ketua DPR datang ke kantor panitia. “Saat ini dia merukapan calon ketua umum yang paling mengemuka,” ujar Samuel. 

Menurut alumni dari Fakultas Teknil Sipil dan Perencanaan Jurusan Teknik Arsitektur itu, tim sukses Azis Syamsuddin datang ke panitia dengan membawa membawa surat dukungan. “Azis Syamsuddin mendapat sembilan dukungan dari ikatan alumni fakultas dan pascasarjana," ujar dia.  

Syarat untuk bisa maju menjadi calon ketua umum dikatakan minimal didukung tiga ikatan alumni fakulas atau pascasarjana. Hal demikian diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IKA-USAKTI. “Surat dukungan akan disampaikan dalam munas untuk bisa di setujui sidang,” ujar dia.  

Ulung Windupati, alumni Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Mesin, mengatakan, IKA-USAKTI ke depan, membutuhkan ketua umum yang memiliki pengalaman organisasi dan mempunyai visi dan misi yang kuat. Ini penting demi kemajuan almamater dan bangsa. “Hal demikian yang menjadi harapan para alumni,” tuturnya.   

Ketua Umum IKA-USAKTI, Saidu Solihin, mengatakan keunggulan dan tenarnya Universitas Trisakti salah satunya ditopang oleh keberadaan lembaga alumni.  

IKA-USAKTI menurut Saidu Solihin telah berusia 36 tahun. “Organisasi ini berdiri pada 18 Januari 1985,” ujarnya. 

Menurut dia, IKA-USAKTI akan terus tumbuh lebih dewasa untuk mengawal almamater agar konsisten dan terus berkembang dengan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Dirinya bangga alumni IKA-USAKTI tersebar tidak hanya di Indonesia namun juga seluruh dunia. “Alumni Trisakti mengabdi dan berkarya di seluruh lini kehidupan masyarakat,” ungkapnya. “Di antara alumni Trisakti adalah Wakil Ketua DPR M Azis Syamsuddin,” tambahnya.  

Dari catatan yang ada, Azis Syamsuddin saat di Trisakti, dirinya merupakan mahasiswa Fakultas Hukum. Azis Syamsuddin di kampus merupakan seorang aktivis. Pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum. Di senat mahasiswa perguruan tinggi, dia pernah menjadi Wakil Ketua Senat Mahasiswa Universitas Trisakti.    

Saidu setuju Munas IV digelar secara daring. Bahkan dirinya mengajak kepala alumni pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mendukung dan ikut program vaksinasi yang telah dilaksanakan pemerintah.    

“Jangan ragu-ragu lagi, ayo semua kita melakukan vaksinasi," tuturnya. Dirinya mengajak kepada semua, sebab dikatakan oleh pemerintah bahwa vaksinasi ini gratis. “Lindungi diri dan keluarga, salah satunya dengan cara ikut dan mendukung vaksinasi,” tambahnya.     

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement