Kamis 21 Jan 2021 15:02 WIB

Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Raih ISO 9001:2015

Penerapan ISO 9001:2015 membawa perubahan besar Direktorat Perkapalan dan Kepelautan

Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut berhasil memperoleh ISO 9001:2015, kini salah satu unit kerja di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yakni Direktorat Perkapalan dan Kepelautan juga berhasil memperoleh sertifikat manajemen ISO 9001:2015 dari British Standard Institute (BSI) group Dalam Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Adminstrasi Publik.
Foto: Humas Ditjen Hubla
Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut berhasil memperoleh ISO 9001:2015, kini salah satu unit kerja di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yakni Direktorat Perkapalan dan Kepelautan juga berhasil memperoleh sertifikat manajemen ISO 9001:2015 dari British Standard Institute (BSI) group Dalam Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Adminstrasi Publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA (21/1) - Setelah sebelumnya Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut berhasil memperoleh ISO 9001:2015, kini salah satu unit kerja di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yakni Direktorat Perkapalan dan Kepelautan juga berhasil memperoleh sertifikat manajemen ISO 9001:2015 dari British Standard Institute (BSI) group Dalam Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Adminstrasi Publik. Penyerahan dilakukan hari ini, Kamis (21/1) bertempat di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono menyampaikan, ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, khususnya Direktorat Perkapalan dan kepelautan serta seluruh jajaran yang bekerja keras untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya berpesan dalam penerapan Sistem manajemen Mutu (QMS) ISO 9001:2015 ini, aspek yang harus dijunjung tinggi adalah komitmen dan integritas, yaitu bagaimana seluruh jajaran yang terlibat dapat patuh terhadap standar operasional prosedur yang berlaku serta mampu menerapkannya secara menyeluruh,” kata Djoko dalam keterangannya yang diterima Republika.co,id.

Dia melanjutkan, tanpa komitmen dan integritas yang kuat dari seluruh pihak, maka harapan dan tujuan yang ingin dicapai dalam proses sertifikasi ISO 9001:2015 ini tidak akan dapat tercapai. “Oleh karena itu, saya instruksikan agar seluruh proses dalam sistem manajemen mutu ini dijalankan secara konsisten,” ujarnya.

Dengan demikian, Pelayanan Adminstrasi Publik pada Direktorat perkapalan dan Kepelautan dapat terselenggara dengan lebih baik, terorganisir dan berintegritas, transparan , akuntabel dan efisien. 

Saat ini Sertifikasi ISO 9001:2015 telah banyak dikeluarkan untuk Institusi Pemerintah, baik itu Kementrian/ Lembaga maupun Pemerintah Daerah karena tidak dapat dipungkiri bahwa selain kualitas produk, standarisasi merupakan salah salah satu faktor yang mempunyai peranan penting dalam menentukan kualitas layanan.

“Hal ini tentu saja dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui kualitas produk dan layanan yang sangat baik,” ungkapnya.

Sebagaimana telah diketahui, ISO 9001:2015 ini merupakan bagian dari standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi mampu memenuhi kebutuhan pengguna jasa, dalam hal ini masyarakat dan stakeholder.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement