Rabu 20 Jan 2021 10:48 WIB

Doa Donald Trump untuk Pemerintahan Joe Biden

Donald Trump merilis video pidato perpisahan pada Selasa (19/1).

 Gedung Putih terlihat dari halaman depan saat persiapan perdana berlangsung untuk pelantikan Presiden Joe Biden, di Washington, DC, AS, 16 Januari 2021. Keamanan bahkan lebih ketat mengingat kejadian baru-baru ini ketika massa pro-Trump MAGA menembus batas keamanan dan menembus US Capitol kembali pada 6 Januari.
Foto:

Pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS pada 20 Januari menjadi sangat berbeda dengan pelantikan presiden-presiden AS sebelumnya. Selain karena kondisi pandemi Covid-19, keamanan juga menjadi isu utama pascapenyerbuan Capitol Hill oleh pendukung Trump pada 6 Januari lalu.

Seperti dilaporkan Reuters, Washington menjadi benteng bersenjata yang dipagari dengan kawat besi dan dijaga 25 ribu pasukan Garda Nasional. Taman depan Gedung Kongres, National Mall, ditutup. Hampir tidak ada masyarakat umum yang menyaksikan langsung transisi kekuasaan kali ini.

"Ini seperti kota hantu tapi dengan tentara, ini menakutkan, sangat tidak biasa," kata warga Washington, Dana O'Connor, yang berjalan dengan suaminya di trotoar depan Gedung Putih, Selasa (19/1).

Dalam tradisinya, pelantikan presiden AS selalu ditonton jutaan orang yang berkumpul di National Mall. Warga antusias menyaksikan upacara pergantian kekuasaan melalui layar besar dan parade presiden baru yang berjalan kaki dari Capitol Hill ke Gedung Putih.

Aula-aula hotel dan gedung-gedung pameran penuh oleh tamu yang disajikan sampanye dan musik dari bintang-bintang terkenal. Pelantikan presiden biasanya memang acara dengan pengamanan tingkat tinggi.

Kali ini, petugas keamanan memasang metal detector di setiap pintu masuk dan membatasi ruangan dengan zona-zona khusus tanda pengenal dan Garda Nasional turut menjaga keamanan bersama petugas lokal dan penegak hukum federal. Tapi, tingkat kewaspadaan tahun ini berbeda.  

Ahad (17/1) lalu Wali Kota Washington Muriel Bowser mengatakan, petugas keamanan tidak memiliki pilihan lain selain meningkatkan keamanan usai serangan ke Capitol Hill yang menewaskan lima orang. "Di mana orang-orang yang menyebut diri mereka patriot ingin menggulingkan pemerintah dan membunuh petugas polisi," kata Bowser.

"Kami tidak ingin melihat kawat besi, kami jelas tidak ingin melihat pasukan bersenjata di jalan-jalan kami, kami tapi harus mengambil sikap yang berbeda," kata Bowser program televisi NBC 'Meet the Press.'

Pemerintah AS selama beberapa hari terakhir telah menutup akses masuk ke sejumlah tempat hiburan, di antaranya termasuk National Mall di Washington. Kepolisian juga menutup jembatan di atas Sungai Potomac yang memisahkan Virginia dan District of Columbia.

Sejumlah stasiun kereta bawah tanah (subway) juga akan ditutup saat acara pelantikan Joe Biden. Sejauh ini, ada satu perusahaan bis yang memberhentikan sementara layanan ke Washington jelang pelantikan Biden.

Sementara itu, penyedia jasa penginapan Airbnb juga menutup layanan pemesanan kamar di Washington satu minggu jelang pelantikan presiden baru AS. Beberapa maskapai penerbangan juga menetapkan aturan keamanan baru untuk tujuan Washington D.C. dan daerah sekitarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement